Pemanfaatan Tepung Bungkil Biji Kapas sebagai Bahan Makanan Ringan

Inovasi Kapas Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Kapas adalah limbah pertanian yang berasal dari perkebunan kapas. Biji kapas dapat diproses lebih lanjut dan diolah menjadi minyak (untuk sabun, cat, dan kosmetik). Ampasnya masih dapat diolah lagi menjadi tepung biji kapas. Ampas (bungkil) biji kapas sangat potensial dipakai sebagai pengganti kedelai dalam campuran pakan ternak, karena mengandung protein yang tinggi (40%).

Bungkil biji kapas yang ditepungkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dengan terlebih dahulu dilakukan pemanasan untuk menghilangkan kandungan gossipol. Tepung bungkil biji kapas yang dimanfaatkan untuk bahan pangan hanya sebagai campuran atau substitusi sebesar 10%. Hal ini agar kandungan gossipol terikut masih dalam taraf yang aman untuk dikonsumsi (menurut FAO <450 ppm).

Beberapa jenis makanan yang telah dicoba antara lain kerupuk, dan makanan ringan/snack (bidaran). Proses pembuatan melalui beberapa tahapan seperti pembuatan adonan dan pemanasan (penggorengan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan gossipol pada makan ringan/snack sebesar 40 ppm dan pada kerupuk kandungan gossipol tidak terdeteksi, karena sudah terdegradasi ketika mengalami penggorengan.

Selengkapnya download fulltext : perkebunan_Info-Tekbun-7-32_20151.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *