Pemanfaatan Tandan Kosong Limbah Kelapa Sawit sebagai Pupuk Organik

Artikel Palma Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Tandan kosong (Tankos) merupakan limbah padat yang dihasilkan pabrik kelapa sawit pada proses pengelolaan tandah buah sawit menjadi minyak kelapa sawit (CPO). Dalam setiap pengolahan 1 ton tandan buah akan dihasilkan Tankos sebanyak 21 – 23 %. Tandan kosong (Tankos) dapat digunakan sebagai pupuk organik bagi pertanaman kelapa sawit secara langsung maupun tidak langsung. 

Manfaat secara langsung : a) penggunaan pupuk MOP/KCl dan Dolomit dihilangkan, serta dosis penggunaan pupuk TSP dalam satu tahun menjadi setengah jika diberikan ke tanaman sawit, b) dapat menyerap dan menahan air sehingga dapat mempertahankan kelembapan tanah, c) dapat menahan dan mengurangi pengikisan tanah oleh pergerakan air hujan pada lahan yang memiliki kemiringan yang curam, d) dan dapat menekan pertumbuhan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman sawit.

Manfaat secara tidak langsung berupa pupuk kompos tankos: a) sebagai sumber K untuk tanaman karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, c) memperkaya unsur hara di tanah karena mengandung kalsium, fosfat dan magnesium, dan c) mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Selengkapnya download fulltext: perkebunan_WartaVol22No1-2016.pdf

Info terkait: Warta Puslitbang Perkebunan Vol. 22 No. 1, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *