Kakao BL 50 sebagai Varietas Unggul Dari Sumatera Barat

Artikel Kakao Berita Perkebunan Highlight Varietas Varietas-Kakao

BERITA PERKEBUNAN – Bertepatan dengan Hari Kartini, Jumat (21/04/2017) merupakan momen istimewa bagi keluarga besar Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Balitbangtan karena tanaman kakao BL 50 telah resmi dilepas sebagai varietas unggul.

Tim Penilai dan Pelepas Varietas (TP2V) Tanaman Perkebunan melalui Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Tahun 2017, menyetujui untuk melepas tanaman kakao yang diusulkan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota yang bekerja sama dengan Balittri, sebagai varietas unggul dengan nama Kakao BL 50 tipe varietas klon.

Selain itu, diumumkan pula bahwa kakao BL50 merupakan salah satu komoditas yang akan dilaunching oleh Presiden RI pada acara PENAS di Aceh pada bulan Mei mendatang.

Tanaman Kakao BL50 merupakan klon unggul lokal dari Sumatera Barat, yang dikembangkan oleh petani setempat melalui hasil seleksi partisipatif yang kemudian diberi nama BL 50 (singkatan dari Balubuih Lima Puluh Kota). Selain di Kabupaten Lima Puluh Kota, kakao BL 50 juga telah menyebar luas di wilayah Payakumbuh dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

Buah kakao BL 50 terlihat menarik karena ukurannya yang lebih besar dibanding kakao lain, demikian juga dengan ukuran bijinya. Bentuk buah lonjong serta berwarna merah marun saat matang. Potensi produksi yang mencapai 3,69 ton/ha/th merupakan keunggulan yang jarang dimiliki oleh varietas lain, sehingga sangat dianjurkan untuk dibudidayakan.

Dengan dilepasnya kakao BL 50 ini diharapkan dapat mendukung pengembangan perkebunan kakao di Indonesia serta membantu meningkatkan pendapatan petani.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

4 thoughts on “Kakao BL 50 sebagai Varietas Unggul Dari Sumatera Barat

    1. Terima kasih sudah mengunjungi website kami.
      Untuk pertanyaan Saudara, dapat menghubungi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia
      Jl. PB. Sudirman 90, Jember 68118
      Telp : (62331) 757130, 757132 Fax : (0331) – 757131
      E-Mail : iccri@iccri.net

      Demikian, terima kasih.

      ttd.
      Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *