Pekan Lingkungan dan Kehutanan Indonesia ke-19

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian turut memeriahkan Pekan Lingkungan dan Kehutanan Indonesia (PLKI) Ke-19 di JCC, Jakarta, tanggal 18-21 Juni 2015. PLKI ke-19 ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap 5 Juni. Pekan kali ini mengangkat tema “Mimpi dan Aksi Bersama untuk keberlanjutan kehidupan di Bumi”, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam sambutannya mengatakan, Pekan Lingkungan dan Kehutanan ini merupakan ajang untuk menunjukan kinerja dan capaian yang diperoleh dari berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, dunia usaha dan masyarakat di bidang pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Disamping itu juga merupakan sarana sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan melalui serangkaian kegiatan pameran, lomba, seminar dan workshop, sehingga diharapkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan khsusunya tentang pola konsumsi dan produksi berkelanjutan.

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan tiga hal penting yang perlu menjadi perhatian manusia untuk masa depan. Tiga hal penting tersebut yaitu teknologi, warisan lingkungan yang baik serta penghormatan kepada hak asasi manusia. Selain itu Wapres Jusuf Kalla mengingatkan bahwa masyarakat juga harus memperhatikan tingkat dan pola konsumsi baik pangan maupun energi, “Menjaga lingkungan tidak hanya lingkungan saja, tetapi juga menjaga konsumsinya” juga, kata Wapres.

Pameran lingkungan hidup dan kehutanan ini diikuti oleh 262 peserta yang terdiri dari pemerintah/instansi pusat, daerah serta lembaga swadaya masyarakat. Balitbangtan berpartisipasi pada acara tersebut dengan menampilkan berbagai hasil inovasi teknologi mendukung adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Stand pameran dari Balitbangtan tergabung dalam paviliun Kementerian Pertanian. Pada kesempatan ini menampilkan Kemiri Sunan sebagai alternatif Bahan Bakar Nabati, pestisida nabati, perangkat uji tanah dan pupuk, pakan ternak rendah emisi, dan berbagai publikasi dan informasi hasil kajian dan inovasi teknologi terkait lingkungan dan perubahan iklim. (/Bursa)

Stand pameran dari Balitbangtan yang tergabung dalam paviliun Kementerian Pertanian (kiri), Info guide sedang melayani pengunjung ke stand Balitbangtan (kanan).

Beberapa hasil inovasi teknologi Balitbangtan antara lain: Kemiri Sunan sebagai alternatif Bahan Bakar Nabati, pestisida nabati, perangkat uji tanah dan pupuk, pakan ternak rendah emisi, dan berbagai publikasi dan informasi hasil kajian dan inovasi teknologi terkait lingkungan dan perubahan iklim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *