Pameran dan Gelar Inovasi Teknologi Perkebunan, ENIP III 2013

Berita Perkebunan Inovasi Teknologi Produk Inovasi

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Ekspose Nasional Inovasi Perkebunan (ENIP) kali ini adalah yang ketiga dilaksanakan oleh Badan Litbang Kementrian Pertanian. ENIP bertujuan mengkomunikasikan, menyampaikan dan mempercepat penerapan hasil inovasi teknologi sektor perkebunan. Perkebunan merupakan sesuatu yang sangat strategi di dalam berkontribusi terhadap perekonomian bangsa. Hal ini disampaikan Dr. Muhammad Syakir dalam acara Live Public Corner di Metro TV pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2013 di Jakarta.
Dr. Muhammad Syakir yang juga sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Litbang Kementerian Pertanian mengatakan bahwa pemilihan topik berdasarkan Inovasi teknologi harus mampu memberi kontribusi terhadap jawaban-jawaban jalan keluar terhadap permasalahan-permasalahan kebutuhan sektor perkebunan di Indonesia.

Kalau dilihat tren sekarang ini bahwa daya saing perkebunan Indonesia bukan lagi menuntut terhadap dan efisiensi, tapi menuntut terhadap lingkungan green ekonomi. Olah karena itu masalah diversifikasi produk, masalah ramah lingkungan jadi bukan hanya pertumbuhan saja, Inovasi teknologi harus memberi jawaban terhadap daya saing perkebunan Indonesia, sehingga tetap memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian bangsa, lanjut M. Syakir.

Pameran dan gelar inovasi teknologi perkebunan adalah salah satu dari rangkaian kegiatan Ekspose Nasional Inovasi Perkebunan (ENIP) III, di JCC, Jakarta tanggal 30 Agustus–1 September 2013. Pameran dan gelar inovasi teknologi perkebunan menampilkan inovasi teknologi dari UPT lingkup Puslitbang Perkebunan yaitu : Balit Palma, Balittri, Balittas, dan Balittro.

a. Balit Palma, dengan tema “Pangan dan energi untuk daerah terpencil:

b. Balittri, dengan tema “Green coffee”

c. Balittas, dengan tema “Swasembada gula dan Teknologi bioenergi dan serat”

d. Balittro, dengan tema “Bioteknologi benih jahe tahan layu bakteri,  Bioteknlogi WRKY nilam, Penyelesaian sex ratio pala, Peningkatan IB, Sawit ramah lingkungan”

 

Denah Lokasi Cendrawasih Room Jakarta Convention Center

 

Acara ENIP III klik disini

(/bursa/redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *