Pameran Agro & Food Expo ke-11, JCC, 26-29 Mei 2011

Berita Perkebunan

Pameran Agro & Food Expo yang ke 11 tahun 2011, dengan tema “Highlighting Indonesia Spices” adalah pameran business-to-business terbesar dan media networking di Indonesia bagi sektor Agribisnis, Industri makanan & minuman, Industri mesin-mesin pertanian, Industri rempah, Pengolahan dan teknologi makanan. Pameran ini diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Pertanian dan PT. Wahyu Promo Citra di JCC, Jakarta tanggal 26 – 29 Mei 2011. Pameran tahunan ini diikuti oleh ± 200 perusahaan / institusi yang tidak hanya memamerkan produk makanan, teknologi, dan mesin-mesin pertanian, tetapi juga komoditas dan potensi investasi bisnis di Indonesia.

Pada Pembukaan Pameran, Menteri Pertanian dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Ir. Hari Priyono, M.Si, mengatakan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, karena rempah-rempah inilah Indonesia pernah dijajah oleh negara lain. Rempah-rempah merupakan komoditas yang memegang peranan penting dalam perdagangan dunia sejak ratusan tahun yang lalu. Begitu pentingnya produk rempah-rempah, sehingga nilainya dianggap setara dengan logam mulya pada waktu itu. Rempah-rempah menduduki posisi keempat dari komoditas pertanian di Indonesia yang nilai ekspor terbesar setelah udang, hasil perikanan dan kopi.

 

 

 

 

 

 

Beberapa komoditas rempah-rempah yang diperdagangkan di pasar Internasional adalah: Lada, Pala, Vanili, cengkeh, jahe. Lada dan pala merupakan komoditas rempah utama dalam perdagangan dunia, sekaligus sebagai produk unggulan ekspor Indonesia dibandingkan rempah-rempah lainnya. Nilai ekspor lada pada tahun 2010 mencapai US$245,000 juta, mengalami kenaikan sebesar 57% dibandingkan tahun 2009. Sedangkan untuk biji pala mencapai nilai ekspor sebesar US$86,000 juta, yang juga mengalami peningkatan sebesar 62% dibanding tahun 2009. Oleh sebab itu kedua komoditi ini disebut king of spices.

Pada kesempatan ini, Puslitbang Perkebunan, Badan Litbang Pertanian memamerkan produk rempah diantaranya : Lada (Lada Hitam, Lada Putih dan Lada Hijau), Kerajinan dari Akar Wangi, produk “Healtro” seperti: sabun, shampoo, minyak anti nyamuk , pestisida dan pengendali lainnya) serta produk pasca panen lainnya.(Bur/Wir)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *