Pameran AGRINEX

Aktifitas Puslitbangbun

AGENDA PERKEBUNAN – Untuk mendukung pemerintah dalam mengamankan cadangan pangan,  mensejahterakan kehidupan petani serta melakukan investasi di sektor agribisnis yang meliputi wisata agro, maka Pameran Agrinex akan diadakan untuk keenam kalinya di Jakarta Convention Centre, pada tanggal 30-31 Maret, dan 1 April 2012.

Penyelenggara utama adalah Performax dan IPB (IPB), dan didukung oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Budayaan dan Pariwisata dan Yayasan Koperasi Indonesia.

Saat ini, produk Agribisnis telah memiliki berbagai fungsi, namun keamanan dalam penyediaan makanan masih merupakan program utama pada pembangunan pertanian di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kemampuan produk untuk menjamin ketersediaan bahan pangan, kebanggaan bangsa dan ekonomi nasional, dan yang paling penting adalah kesejahteraan petani, peternak dan nelayan.

Latar Belakang
Indonesia belum mandiri dalam penyediaan makanan, belum sejahteranya kehidupan petani, dan adanya potensi yang besar pada agrowisata. Dengan begitu banyaknya petani dan lahan subur di Indonesia, kebanggaan bangsa dipertaruhkan apabila pada penyediaan bahan pangan masih tergantung pada petani dari negara lain.

Tujuan
Menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah bagi agribisnisnya sendiri.

Konsep
Pameran Agribisnis Terpadu di lokasi bergengsi yang diikuti oleh Pemerintah, Pengusaha lokal, Nasional dan Internasional, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta, Universitas, Usaha Kecil Menengah (UKM), Bank, Perusahaan Eksportir dan Importir, Badan Penelitian dan Pengembangan, dan lainnya yang terkait Agribisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *