Orientasi Lapang Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali ke Balittro

Artikel Lada Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali beserta rombongan berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Kamis, 23/2/17. Rombongan dikoordinir oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali Ir. Joko Suhartono, MSi yang membawa 40 Orang petani Kabupaten Boyolali. Peserta kunjungan diterima langsung Kepala Balittro Dr. Wiratno, M.Env. Mgt yang didampingi oleh Peneliti lada Dr. Dono Wahyuno dan Dr. Sukamto.

Kunjungan dalam rangka peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Tanaman Perkebunan dengan Pengembangan Pengelolaan Perbenihan Perkebunan melalui orientasi secara langsung di Lapangan Percontohan Tanaman Lada.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali berharap para petani yang berkunjung ke Balittro saat ini setelah pulang tidak lagi menjadi petani lada tapi menjadi “Juragan Lada”, karena telah mendapatkan transfer Ilmu budidaya, pembibitan, hama penyakit dan pasca panen Lada dari Balittro.

Kepala Balittro dalam paparannya menyampaikan bahwa Balittro sebagai Balai Penelitian Nasional yang menangani khusus tanaman Lada di Indonesia. Semoga informasi tanaman lada yang didapat dapat bermanfaat bagi para petani, dan tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari tanaman perkebunan yang lain. Balittro juga menangani Komoditas Tanaman Rempah dan Tanaman Atsiri seperti serai wangi dan Cengkeh, yang harga minyak atsirinya diperhitungkan di pasaran, sehingga meningkatkan kehidupan kesejahteraan para petani.

Pada Kesempatan kali ini, kedua instansi ini saling bertukar cinderamata. Di akhir pertemuan para rombongan Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali diajak berkunjung lapang ke Unit Pengelolaan Benih Sumber. (Efiana/Balittro).

Foto: Sambutan Kepala Balittro Dr. Wiratno, M.Env. Mgt (kiri), dan sambutan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali Ir. Joko Suhartono, MSi. (kanan).

Foto: Pemaparan budidaya lada oleh peneliti Dr. Dono Wahyuno (kiri), dan tukar cenderamata (kanan).

 

Foto: Kunjungan lapang dipandu oleh peneliti Balittro Dr. Sukamto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *