Optimalisasi Pembentukan Biji Bunga Matahari (Helianthus Annuus)

Berita Perkebunan

WARTA PERKEBUNAN – Bunga matahari (Helianthus annuus L.) potensial sebagai tanaman penghasil minyak karena kandungan minyak yang tinggi   25 – 50%. Penyerbukan bunga matahari umumnya dilakukan oleh serangga vektor serbuk sari yaitu lebah madu (Apis mellifera L.).

Optimasi pengisian biji dapat dilakukan melalui Pemberdayaan agen polinator yang dikombinasikan dengan aplikasi zat induksi perkecambahan serbuk sari. Interaksi antara lebah madu dan tanaman bunga matahari bersifat mutualistik, sehingga kesinambungan pembungaan bunga matahari dan tingginya populasi lebah madu akan meningkatkan produksi dan kualitas hasil bunga matahari. Aplikasi kalsium nitrat dan asama borat pada saat bunga mekar berpotensi dapat meningkatkan terjadinya penyerbukan sehingga dapat meningkatkan produksi biji.

Kesinambungan pembungaan bunga matahari dan tingginya populasi lebah madu akan meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil bunga matahari. Pemahaman faktor-faktor penting dalam pembentukan biji bunga matahari diharapkan dapat mendukung peningkatan produksi yang diharapkan menjadi komoditas prospektif  di masa mendatang.

 

Selengkapnya Klik disini

Link terkait : Warta Puslitbang Perkebunan Vol. 20 No. 2, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *