Optimalisasi Kinerja Tim Situs Web Balitbangtan 2019 dalam Memberikan Pelayanan Informasi Publik

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

JAKARTA, PERKEBUNAN – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memiliki tugas dan fungsi antara lain pengembangan inovasi teknologi di bidang pertanian. Teknologi yang telah dihasilkan wajib didiseminasikan kepada publik agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para pengguna demi kemajuan pertanian dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu media publikasi adalah melalui website resmi Balitbangtan yang secara operasional dikelola oleh Pengelola Situs Web Balitbangtan. Disamping sebagai media publikasi inovasi teknologi, Website Balitbangtan juga digunakan sebagai media penyampaian informasi terkait kinerja dan pengelolaan dana sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kinerja pemerintah yang akuntabel kepada publik.

Dalam rangka mengoptimalkan pemberitaan lewat website, dibentuklah Tim Pengelola Situs Web Balitbangtan, tahun 2019 yang beranggotakan pengelola situs web dari Unit Kerja Eselon I maupun Esselon II lingkup Balitbangtan. Tim ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana setiap Unit Kerja diwajibkan memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Tim pengelola situs web Balitbangtan sudah dimulai pada Tahun 2015 yang tugasnya antara lain meng-update fitur-fitur situs web dan merespon email Balitbangtan serta melaksanakan pertemuan dalam rangka evaluasi.

Pertemuan perdana Tim Situs Web Balitbangtan 2019 dilaksanakan hari Selasa (15/1/19) di kantor pusat Balitbangtan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pertemuan dihadiri oleh Kepala Subbagian Data dan Informasi Dr. Arif Surahman, Kepala Subbagian Humas Dr. Intan Yudia, Tim Situs Web Balitbangtan 2019 dari UK termasuk dari Puslitbangbun yakni Bursatriannyo, S.Komp.

Dalam paparannya Dr. Arif menyampaikan hasil evaluasi tim web 2018, strategi penyajian informasi, dan mekanisme pengelolaan informasi, serta New situs web Balitbangtan. Strategi penyajian informasi menurut Arif harus memenuhi unsur-unsur penting seperti KOMUNIKATIF, yakni mampu berkorespondensi dengan sumber informasi di Satker masing-masing; KREATIF, mampu mengolah informasi dari berbagai sumber menjadi sebuah berita serta informasi online sesuai dengan standar konten situs web Balitbangtan, sekaligus dengan foto terkait; AKTIF, mampu melakukan korespondensi melalui email Unit Kerja masing-masing khususnya terkait informasi Balitbangtan; MENCOBA, berani memulai tidak harus menguasai IT, namun mengerti pengoperasian situs web secara umum; dan CEPAT, mampu melakukan pengelolaan media sosial secara baik (Youtube, Twitter, Facebook dan Instagram) pada satker masing-masing dan media sosial Balitbangtan.

Pada tahun 2019 diharapkan Tim Web Balitbangtan agar melengkapi info teknologi dan informasi lainnya pada situs web yang baru, dan mengelola informasi dengan lebih kreatif, antara lain dengan memasukkan berita testimony, menyajikan informasi dalam bentuk infografis, foto-foto yang memiliki cerita, pengelolaan kontak pengujung yang lebih aktif dalam menjawab, serta mendokumentasikan jawaban-jawaban email yang masuk serta menyajikan kembali di fitur tanya jawab. Pelatihan website dan jurnalis serta evaluasi kinerja secara regular dibutuhkan untuk optimalisasi kinerja Tim Website Balitbangtan. (Bursa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *