Optimalisasi Fungsi Kebun Percobaan untuk Meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kebun Percobaan (KP) merupakan salah satu asset yang potensial dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi unit pelaksana teknis (UPT). KP dilingkup Puslitbang Perkebunan memiliki multi fungsi antara lain sebagai lokasi koleksi dan konservasi plasma nutfah atau sumber daya genetik (SDG) komoditas tanaman perkebunan, tempat penelitian dan pengembangan teknologi, unit pengelola benih sumber (UPBS), visualisasi hasil penelitian dalam bentuk visitor plot, show window, expose dan sebagai lokasi wisata edukasi serta sumber Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Mengingat fungsi KP yang beragam dan potensial sebagai sumber PNBP, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Dr. Fadjry Djufry dalam kunjungan kerjanya di Kebun Percobaan Muktiharjo Pati, Jawa Tengah beserta rombongan pada Tanggal 13 Juli 2018, menginstruksikan kepada kepala KP beserta stafnya untuk dapat mengoptimalkan fungsi KP dan menaikkan target PNBP ditahun-tahun mendatang. PNBP dapat bersumber dari penjualan sisa hasil penelitian, jasa dan sewa sarana penelitian atau penerimaan lainnya. Kemandirian KP bisa bermuara pada kemampuan KP untuk dapat membiayai kegiatan mereka sendiri dan mengurangi ketergantungan dana yg bersumber dari APBN. KP Muktiharjo memiliki luas areal sebesar 95,7 ha. Dalam kunjungan kerja tersebut Bpk Kapuslitbangbun juga memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan penelitian yg dilaksanakan/ditempatkan di KP Muktiharjo Pati-Jawa Tengah (milik Balittas Malang), dana yg bersumber dari APBN-P 2017 dan APBN 2018.

Balitbangtan memiliki 118 KP yang tersebar pada UPT di beberapa propinsi. Puslitbang Perkebunan memiliki 18 KP dengan total luas areal 867,2 ha yang tersebar di empat UPTnya (Balittro 6 KP, Balittri 3 KP, Balittas 5 KP, Balit Palma 4 KP). Luas lahan, kondisi tanah, agroklimat, status kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatannya beragam. Lahan KP perlu ditata dengan baik dan fungsinya perlu dimaksimalkan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan serta peningkatan PNBP sebagai salah satu sumber pembiyaan untuk pengelolaan KP.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *