Mutasi dan Promosi Pejabat Lingkup Puslitbang Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN –Badan Litbang Pertanian melakukan mutasi dan promosi lima pejabat struktural lingkup Puslitbang Perkebunan, berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No. 1091/Kpts/Kp.330/3/2013 tertanggal 01 Maret 2013. Mutasi dan promosi dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan dan mengisi posisi yang kosong karena pensiun, dan melaksanakan tugas belajar. Pelantikan dilakukan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr.Ir. Haryono, M.Sc. pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2013 di Jakarta.

 

Kabadan dalam sambutannya mengatakan bahwa mutasi jabatan sesuai harapan Bapak Menteri Pertanian harus dipahami sebagai hal yang biasa bagi sebuah organisasi. Sebagai langkah untuk selalu menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan lingkungan strategis.

Makna mutasi adalah untuk membangun Badan Litbang yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Membangun Litbang pada kurva kedua yang jauh lebih baik daripada kurva pertama. Dan tahun 2013 adalah tahun akselerasi untuk meningkatkan kinerja Badan Litbang Pertanian, lanjut Kabadan.

Pada kesempatan ini Kabadan juga mengingatkan bahwa Badan Litbang menganut sistem dua jalur dalam pembinaan karir. Pertama adalah karir sebagai peneliti, termasuk perekayasa, penyuluh dll. Kedua adalah karir struktural. Karir struktural jumlahnya tidak lebih dari 300, sedangkan karir sebagai peneliti tidak terbatas tergantung jumlah peneliti yang dimiliki.

Ada enam isu besar yang harus mendapat perhatian dari jajaran Badan Litbang Pertanian. Enam isu besar tersebut yaitu food (pangan), feed (pakan), fiber (serat), fuel (energi), environment (lingkungan), dan climate change (perubahan iklim), lanjut Kabadan.

Semua hal tersebut merupakan tantangan yang harus diselesaikan oleh segenap jajaran Kementerian Pertanian, dan Badan Litbang Pertanian termasuk pejabat struktural yang baru dilantik harus memperhatikan keenam hal tersebut.

Bapak Menteri berpesan kepada para pejabat harus melakukan “kerja keras dan kerja cerdas serta kerja ikhlas” dengan memperhatikan tekad pemerintah untuk mewujudkan clean government dan good goverment.

Diakhir sambutannya, Kabadan mengingat bahwa jabatan adalah sebuah amanah, yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Kabadan berharap agar segenap jajaran menerapkan secara konsisten apa yang kita pahami dengan manajemen Badan Litbang yang komprehensif yang mencakup tujuh komponen/item yaitu manajemen program, manajemen SDM, manajemen sarpras, manajemen keuangan, manajemen waktu, manajemen main set, dan manajemen konflik.

 

 

Berikut nama-nama pejabat struktural Eselon III dan IV lingkup Puslitbang Perkebunan yang dilantik :

A. Pejabat Eselon III-A

  1. Dr. Ir. I Ketut Ardana, M.Si. : Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Puslitbang Perkebunan;
  2. Dr. Ir. Muchamad Yusron, M.Phil.  : Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, Puslitbang Perkebunan;

B. Pejabat Eselon IV-A

  1. Andi Nur Alam Syah, STP, MT. : Kepala Sub Bidang Program, Puslitbang Perkebunan;
  2. Suci Wulandari, SP, MM : Kepala Sub Bidang Kerjasama, Puslitbang Perkebunan;
  3. Abdul Muis Hasibuan, SP., M.Si : Kepala Seksi Pelayanan Teknik dan Jasa Penelitian, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar;

Disamping itu juga ada pejabat struktural yang dilantik yang berasal dari Puslitbang Perkebunan yang sebelumnya sebagai Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Dr. Ir. Joko Pitono, M.S. dilantik menjadi Pj. Kepala Bagian Kerjasama, Hukum, Organisasi dan Humas, Sekretariat Badan Litbang Pertanian, dan Kepala Sub Bidang Kerjasama Dr. Ir. Wiratno, M.Env.,Mgt. dilantik menjadi Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Selatan. Keduanya adalah Penanggung jawab kegiatan/sub kegiatan Pengelolaan Website Puslitbang Perkebunan.

Segenap Dewan Redaksi Website Puslitbang Perkebunan mengucapkan ”Terima Kasih” kepada Pejabat yang lama dan “Selamat bertugas” bagi pejabat yang baru. Semoga Allah SWT meridhoi untuk kemajuan bangsa dan negara dan dicatat sebagai amal ibadah bagi Bapak/Ibu semua, amien…. (\Bur/Redaksi)

Berita Terkait :Perlu Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas untuk Wujudkan Clean Government

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *