Model Pendugaan Kandungan Air, Lemak, dan Asam Lemak Bebas pada Tiga Provenan Biji Jarak Pagar

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Jarak pagar berpotensi sebagai sumber biodiesel karena kandungan lemak yang tinggi (>40%) dan belum ada penggunaan lainnya. Spektroskopi (Near Infrared) NIR adalah metode yang cepat untuk mengukur spektrum sampel dan tidak terdapat limbah kimia. Tujuan penelitian adalah mengembangkan metode pendugaan komposisi kimia beberapa provenan jarak pagar berdasarkan spektroskopi NIR menggunakan kalibrasi PLS.

Pengujian dilakukan menggunakan tiga provenan jarak pagar yaitu IP-3A, IP-3M, dan IP-3P masing-masing 85 sampel. Spektrum reflektansi diukur menggunakan alat NIRFlex Solids Petri pada panjang gelombang 1000–2500 nm. Sekitar ⅔ jumlah sampel digunakan untuk mengembangkan persamaan kalibrasi dan ⅓ jumlah sampel untuk validasi. Pra perlakuan data spektrum dilakukan dengan normalisasi antara 0-1, turunan pertama Savitzky-Golay 9 titik dan gabungan keduanya. Hasil penelitian menunjukkan spektroskopi NIR dapat menduga kadar air, lemak, dan asam lemak bebas .

Koefisien korelasi (r) antara komponen kimia metode acuan dengan dugaan NIR >0,83 menunjukkan ketepatan model cukup baik (r kadar air=0,96, r kadar lemak=0,92, dan r ALB=0,89 ). Konsistensi model kalibrasi kadar air=94,85%, lemak=82,56%, dan ALB=87,80%. Koefisien keragaman dugaan (Prediction Coeficient Variability/PCV) ketiga model <10% menunjukkan model yang dibangun cukup handal. Ratio of standard error prediction to deviation (RPD) menunjukkan metode spektroskopi NIR dapat digunakan untuk menentukan kadar air (RPD=3,30) dan lemak (RPD=2,06). Model-model yang dikembangkan secara umum layak untuk menentukan kadar air dan lemak biji jarak pagar, tetapi belum optimal untuk penentuan kadar ALB biji jarak pagar. (/Lady C.E. DH. Lengkey, I Wayan Budiastra, Kudang B. Seminar, dan Nambang S. Purwoko)

Kata kunci: NIR , jarak pagar, kadar air, kadar lemak, kadar asam lemak bebas

 

Download full text: perkebunan_Jurnal-Lady.-ed-6_.pdf

Sumber: Jurnal Littri Puslitbang Perkebunan Vol. 19 No. 4, 2013

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *