Mikroorganisme Permukaan Daun, Atasi Penyakit Gugur Daun Pada Tanaman Karet

Artikel Karet Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Penyakit gugur daun pada tanaman karet yang disebabkan oleh jamur Corynes poracassiicola, Olletotrichum gloeosporioides, dan Oidium heveae dapat diatasi dengan pemanfaatan mikroorganisme yang ada pada permukaan daun (filoplan). Mikroorganisme ini berupa cendawan dan bakteri yang bersifat antagonis terhadap patogen dengan mekanisme hiperparasit, antibiosis atau lisis, dan secara tidak langsung melalui kompetisi dan induksi ketahanan tanaman.

Beberapa cendawan filoplan yang bersifat antagonis terhadap C. gloeosporioides yaitu Aspergillus sp.,  Trichophyton sp., Gliocladium sp., Gonatorrhodiella sp., dan Syncephalastrum sp.  Untuk mengendalikan Corynespora cassiicola dapat menggunakan agens antagonis cendawan filoplan Trichocladium sp. dan Aspergillus niger.

Mikroorganisme filoplan tersebut didapatkan dengan dengan cara isolasi daun karet menggunakan metode perendaman, yaitu bagian daun tanaman yang sehat direndam dan dikocok. Selanjutnya dapat diperbanyak pada media potato dextrose agar (PDA) untuk cendawan dan media tryptic soy agar (TSA) untuk bakteri.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *