Menyambut Tahun Perbenihan 2018 (Perkebunan) dengan Konsep Nursery Modern

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Menyambut Tahun Perbenihan Nasional tahun 2018 yang telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Balitbangtan Kementan, bersama empat UPT mendapatkan amanah untuk menghasilkan benih unggul sekaligus melakukan pendampingan produksi beberapa komoditas benih perkebunan bersertifikat untuk masyarakat bekerjasama dengan Direktorat Teknis. Proses produksi benih perlu ditunjang dengan nursery modern.

Untuk mendesign nursery modern, para peserta rapat kerja Puslitbangbun yang dipimpin oleh Kepala Pusat, Dr. Fadjry Djufry, melakukan kunjungan lapang (fieldtrip) ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) di Sukabumi (13/1/17), untuk Melihat konsep nursery modern di Balai ini. Fieldtrip ini merupakan fieldtrip kedua setelah kunjungan ke PT. SMART Tbk agribusiness and food, Sentul, Bogor – Jawa Barat dan Balai Besar Mekanisasi Pertanian (BB Mektan) di Serpong, Tangerang. Kegiatan fieldtrip merupakan rangkaian kegiatan dari Raker Puslitbangbun yang dilaksanakan sejak tanggal 10 sampai dengan 13 Januari 2018.

Balittri sebagai salah satu UPT Balitbangtan Kementan mendapatkan tugas menyediakan benih kopi, kakao dan karet yang unggul dan berkualitas. Lebih kurang Satu setengah juta benih disiapkan melalui kegiatan APBNP 2017 dan siap disalurkan pada Sekitar Bulan Maret 2018. Tim Khusus Perbenihan Balittri dengan dedikasi yang tinggi kepada negara telah berhasil memenuhi target baik jumlah maupun waktunya sesuai yang telah ditetapkan sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, P.hD., yang akrab dipanggil ” Pak Deden”

Kepala Pusat sangat puas dengan hasil kerja Tim Khusus Perbenihan Balittri. Inovasi teknologi Balitbangtan, Kementan seperti varietas unggul baru, pupuk hayati dan agens hayati, serta tehnik budidaya yang tepat, didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai dalam suatu sistem yang terintegrasi di suatu kawasan adalah konsep nursery modern yang akan dibangun pada semua Balai lingkup Puslitbangbun yang nanti akan dimodifikasi sesuai jenis tanamannya.

Lebih lanjut Kepala Puslitbangbun pada sesi wawancara dengan tim media online perkebunan memberikan saran dan tanggapan bagi Balittri kedepan agar kinerja yang sudah baik lebih ditingkatkan, sehingga target-target yang sudah ditetapkan dapat tercapai untuk newujudkan Swasembada Perkebunan, ujar Fadjry.

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *