Menjejak Rimbunnya Kebun Petani Kopi di Ciwidey

Artikel Kopi Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Pagi menjelang siang itu (13/10/2017), tim peneliti Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sampai di kebun kopi milik petani di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di sepanjang perjalanan mendekati lokasi yang bergunung-gunung, selain kopi, nampak pula hamparan kebun teh, stroberi, serta sayur mayur yang dikelola oleh masyarakat. Udara yang sejuk segar diimbangi kehangatan dan keramahtamahan petani di Desa Tenjolaya menyambut kedatangan Ir. Gusti Indriati, M.Si. (peneliti proteksi tanaman), Ir. Handi Supriadi (peneliti ekofisiologi), dan kawan-kawan. Pengamatan pada tanaman kopi yang sedang berbuah dan perbincangan santai ditemani oleh Bapak Dedi dan Bapak Wawan, selaku ketua dan sekretaris kelompok petani kopi Itikurih, serta Bapak Dede dan Bapak Aseng, petani kopi setempat.

Desa Tenjolaya berada pada ketinggian lebih dari 1200 mdpl. Menurut keterangan dari Bapak Dedi, kelompok tani Itikurih di Desa Tenjolaya mengelola usaha kopi arabika mulai dari hulu (penangkar benih) sampai hilir (produsen kopi olahan dengan merk Katenjo). Selain itu juga memproduksi pupuk organik dengan memanfaatkan limbah kopi sebagai salah satu bahan campurannya. Varietas kopi yang dibudidayakan diantaranya sigararutang, lini S 795, ateng dan timtim (masih dalam tahap pembibitan). Teknik budidaya yang telah diterapkan oleh petani pada kebun kopinya meliputi pemupukan, pemangkasan, pembuatan rorak, serta pengendalian hama dan penyakit.

Bapak Wawan yang juga merupakan penggagas kelompok tani Itikurih menyampaikan rasa terima kasih dan gembiranya atas kunjungan semacam ini, karena permasalahan yang dihadapi oleh petani dapat diketahui secara langsung oleh peneliti. Di lain pihak, peneliti juga berharap dapat menghasilkan teknologi pertanian yang sesuai dengan kebutuhan petani di lapangan, sehingga bermanfaat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *