Menghitung Intensitas Serangan Uret pada Tanaman Tebu

Artikel Tebu Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Salah satu hama penting yang menyerang perakaran tanaman tebu adalah uret Lepidiota stigma F. Oleh petani di Jawa Tengah dan Jawa Timur, hama ini disebut juga dengan hama gayas. Hama uret perusak akar tebu tersebut dari golongan serangga. Serangan uret pada tanaman tebu terberat terjadi pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni dan kerusakan terparah banyak terjadi di sekitar tempat hinggapnya kumbang.

Sampai saat ini serangan hama uret menjadi permasalahan yang dihadapi banyak petani tebu di Indonesia dan negara lainnya yang membudidayakan tanaman tebu di lahan kering dan tegalan. Serangan hama pada tanaman tebu dapat menurunkan produksi mencapai 19%, sebesar 80% dari penurunan produksi tersebut disebabkan oleh serangan hama uret. Rendeman hasil gula tebu menjadi menurun dan biaya pengendalian uret bisa mencapai 20%.

Pengamatan persentase serangan uret tebu dengan metode sebagai berikut : Misalkan lahan tebu 0,5 ha terserang uret, maka pengukuran persen serangan dapat dilakukan dengan mengambil sampel, sebanyak 5 buah petak ukur (pu). Petak pu pengamatan ditempatkan pada 2 arah diagonal, dengan jarak antar pu 25-100 m.

Pada setiap pu dilakukan kegiatan sebagai berikut : (1) menghitung jumlah tanaman tebu yang ada dalam petak pu, (2) menghitung jumlah tanaman tebu yang terserang uret, (3) memeriksa pohon yang terserang hama uret (layu, kering, atau tanaman mati), (4) mengumpulkan jenis-jenis uret yang menyerang untuk diidentifikasi.

Persen serangan uret dihitung dengan cara membagi jumlah pohon yang terserang dalam 1 petak pu, dengan jumlah semua pohon yang ada dalam petak pu tersebut. Serangan pada kompartemen (petak) dibagi 5. Sebagai contoh dari hasil pengamatan di desa Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, persen serangan uret di lahan tebu ratoon milik petani seluas 0,5 ha sekitar 65%.

Selengkapnya download fulltext: perkebunan_Info-Tekbun-7-6-2015.pdf

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *