Menggali Potensi Kopi Arabika di KP. Gunung Putri

Artikel Kopi Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kebun Percobaan (KP) Gunung Putri saat ini mulai menghijau dengan hamparan tanaman kopi Arabika. Terdapat beberapa varietas kopi Arabika yang ditanam, baik sebagai koleksi plasma nutfah, kebun induk, maupun kebun produksi. KP. Gunung Putri yang merupakan salah satu KP lingkup  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dibawah Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) ini berada pada ketinggian 1.600 m dpl di desa Gunung Putri, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, memang cocok untuk ditanami komoditas tersebut.

Dompolan buah kopi tampak bergerombol pada cabang-cabang produktif, sebagian diantaranya bahkan sudah mulai memerah. Di tengah udara yang sejuk sedikit berkabut, pemandangan tersebut dapat membuat suasana hati menjadi rileks.

Di samping fungsinya sebagai sarana pendukung kegiatan riset peneliti, KP. Gunung Putri juga memiliki potensi sosial ekonomi. Area KP. Gunung Putri seringkali dilalui para pendaki gunung Gede-Pangrango, sehingga Kepala kebun, Herman, berencana untuk membangun sebuah saung peristirahatan di sekitar jalur tersebut.

Para pendaki nantinya dapat singgah dan rehat sejenak untuk melepas penat sembari menikmati pemandangan kebun dan menghirup secangkir kopi hangat. Dampaknya, selain berpotensi meningkatkan pendapatan kebun, sekaligus semakin mendekatkan KP. Gunung Putri kepada masyarakat luas.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *