Menggali Potensi Unggul Klon Harapan Teh Tambi

Artikel Teh Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Teh merupakan salah satu komoditas perkebunan yang cocok dikembangkan di dataran tinggi pegunungan. Program pengembangan teh tentunya tidak terlepas dari ketersediaan benih unggul. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui UPT-nya Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) bekerjasama dengan PT. Perkebunan Tambi, Wonosobo, telah melakukan observasi terhadap dua klon harapan teh yang potensial menjadi sumber benih unggul, yaitu klon Tb 1 dan Tb 2.

Berdasarkan informasi dari ketua tim pemulia teh Balittri, Dr. Budi Martono, M.Si., klon Tb 1 dan Tb 2 menunjukkan potensi produksi tinggi (> 2 ton/ha), agak tahan hingga tahan terhadap penyakit cacar teh (blister blight), dan perakarannya kuat. Selain dapat dijadikan sebagai bahan baku teh hijau, produksi pucuknya dapat dimanfaatkan sebagai sause dalam pembuatan teh hitam karena memiliki aroma yang wangi.

Potensi unggul kedua klon tersebut hingga saat ini masih terus diamati dan rencananya dalam waktu dekat akan diajukan untuk dilepas sebagai varietas unggul baru. Kedua klon harapan tersebut merupakan hasil seleksi seorang staf bagian produksi perkebunan teh Tambi, yaitu Bapak Suwandi (alm.).

Teh Tambi Klon TB 1 dan TB 2.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Berita terkait :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *