Mengenal dan Mengendalikan Hama Tembakau Secara Digital

Aktifitas Puslitbangbun

INFO PERKEBUNAN – Petani tembakau pada saat ini masih sering menggunakan cara konvensional dalam mengidentifikasi serta menanggulangi hama yang menyerang lahan tembakau mereka. Pada era digital ini sekaligus menjawab tantangan pertanian di era revolusi industri 4.0., Heri Prabowo, peneliti hama beserta tim hama dan penyakit tanaman di Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang telah mengembangkan sebuah aplikasi bernama Aplikasi Sistem Informasi Masalah Hama Tanaman Perkebunan (SIMASTER). SIMASTER menyediakan informasi bagi petani dan praktisi tanaman perkebunan, yang dapat memudahkan dalam proses pengendalian hama tanaman perkebunan ini memuat informasi hama, jenis hama berdasar kerusakan daun sampai cara pengendaliannya disertai visualisasi agar lebih memudahkan.

“Petani sudah sering tahu dan mungkin terlampau banyak jenis hamanya, sering tak telaten. Aplikasi ini agar lebih mudah mengenali, cepat dan tepat penanganannya,” ujar Heri.

Aplikasi ini memudahkan, sekaligus mencoba menjawab tantangan modernisasi pertanian. Petani maupun praktisi bisa dengan cepat mencocokkan temuan hama di gambar dalam aplikasi itu. Agar lebih cepat bertindak menangani hama tersebut. “Kalau era digital seperti sekarang ini kan gawai lebih ringkas. Mengakses informasi bisa di mana saja,” ucap Heri.

Aplikasi ini mengubah cara konvensional, menjawab tantangan pertanian di era revolusi industri 4.0. Bila petani menemukan hama baru yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, dapat ditanyakan melalui layanan itu.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *