Mendongkrak Produktivitas Komoditas Perkebunan, Pemda Siak Menjalin Kerjasama Litbang dengan Puslitbang Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pengembangan sektor perkebunan tidak bisa dipisahkan dari kinerja penelitian terutama dalam menghasilkan teknologi dan aktivitas diseminasi. Dalam upaya mempercepat capaian pembangunan perkebunan Puslitbang Perkebunan dituntut untuk menyebarluaskan teknologi yang telah dihasilkan sehingga manfaat dan dampaknya mampu dirasakan masyarakat secara luas.

Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah memperluas kerja sama dengan seluruh stake holder terutama pemerintah daerah yang memiliki komoditas unggulan strategis perkebunaan. Kerja sama selain memiliki fungsi diseminasi, juga berperan sebagai pengabdian institusi dan peneliti terhadap masyarakat serta berperan penting dalam mempercepat capaian pembangunan.

Pada tanggal 9 Mei 2018 Dinas Pertanian Kabupaten Siak Sri Indrapura Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke Puslitbang Perkebunan sekaligus dalam upaya melakukan rintisan kerja sama. Pada kesempatan kunjungan tersebut Kepala Puslitbang Perkebunan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Dr. Jelfina C. Alauw di dampingin kasubid Kerja Sama Dr. Saefudin dan Ketua Kelti Analisis Kebijakan Dr. I Ketut Ardana serta staf KSP dan PHP menerima kunjungan kerja tersebut.

Pemerintah Daerah Siak Sri Indrapura melalui Dinas Pertanian memperoleh penjelasan secara detail dan koprehensip terkait visi, misi, tugas dan fungsi Puslitbang Perkebunan terutama peran masing-masing Balai Penelitian dari Kabid KSPHP. Lebih lanjut, Dr. Jelfina menyatakan, bahwa peluang kerja sama antara Puslitbang Perkebunan dan Pemda Siak Sri Indrapura sangat terbuka, mengingat potensi komoditas perkebuanan khususnya komoditas kelapa dalam, pinang, aren dan kopi akan mampu meningkatkan kesejahteraan petani karena support dari kepala daerah. Langkah-langkah teknis akan di atur di dalam naskah Mou terutama dalam hal bentuk kerja sama yang diinginkan, untuk itu Dr. Jelfina berharap dari hasil kunjungan kerja tersebut mampu memberikan informasi yang utuh tentang Puslitbang Perkebunan.

Demikian halnya Dinas Pertanian dalam kunjungan tersebut mengingikan Puslitbang Perkebunan mampu menjadi mitra strategis jangka panjang dalam mengawal proses pembangunan perkebunan dan menjadikan sektor tersebut sebagai kontributor utama penyumbang pendapatan asli daerah Pemerintah Daerah. Selain itu Pemda Siak Sri Indrapura memiliki target pengembangan dan pemanfaatan sektor perkebunan sebagai agrowidya wisata dan pengembangan home industri sebagai aktivitas ekonomi masyarakat. Semoga dari hasil kunjungan kerja tersebut akan ditindaklanjuti melalui MoU sehingga proses diseminasi akan semakin meluas.(sae. Mei 2018).

AKTIVITAS PERKEBUNAN РPengembangan sektor perkebunan tidak bisa dipisahkan dari kinerja penelitian terutama dalam menghasilkan teknologi dan aktivitas diseminasi. Dalam upaya mempercepat capaian pembangunan perkebunan Puslitbang Perkebunan dituntut untuk menyebarluaskan teknologi yang telah dihasilkan sehingga manfaat dan dampaknya mampu dirasakan masyarakat secara luas. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah memperluas kerja sama dengan seluruh stake holder terutama pemerintah daerah yang memiliki komoditas unggulan strategis perkebunaan. Kerja sama selain memiliki fungsi diseminasi, juga berperan sebagai pengabdian institusi dan peneliti terhadap masyarakat serta berperan penting dalam mempercepat capaian pembangunan. Pada tanggal 9 Mei 2018 Dinas Pertanian Kabupaten Siak Sri Indrapura Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke Puslitbang Perkebunan sekaligus dalam upaya melakukan rintisan kerja sama. Pada kesempatan kunjungan tersebut Kepala Puslitbang Perkebunan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Dr. Jelfina C.  Alauw di dampingin kasubid Kerja Sama Dr. Saefudin dan Ketua Kelti Analisus Kebijakan Dr. I Ketut Ardana serta staf KSP dan PHP menerima kunjungan kerja tersebut. Pemerintah Daerah Siak Sri Indrapura melalui Dinas Pertanian memperoleh penjelasan secara detail dan koprehensip terkait visi, misi, tugas dan fungsi Puslitbang Perkebunan terutama peran masing-masing Balai Penelitian dari Kabid KSPHP. Lebih lanjut, Dr. Jelfina menyatakan, bahwa peluang kerja sama antara Puslitbang Perkebunan dan Pemda Siak Sri Indrapura sangat terbuka, mengingat potensi komoditas perkebuanan khususnya komoditas kelapa dalam, pinang, aren dan kopi akan mampu meningkatkan kesejahteraan petani karena support dari kepala daerah. Langkah-langkah teknis akan di atur di dalam naskah Mou terutama dalam hal bentuk kerja sama yang diinginkan, untuk itu Dr. Jelfina berharap dari hasil kunjungan kerja tersebut mampu memberikan informasi yang utuh tentang Puslitbang Perkebunan. Demikian halnya Dinas Pertanian dalam kunjungan tersebut mengingikan Puslitbang Perkebunan mampu menjadi mitra strategis jangka panjang dalam mengawal proses pembangunan perkebunan dan menjadikan sektor tersebut sebagai kontributor utama penyumbang pendapatan asli daerah Pemerintah Daerah. Selain itu Pemda Siak Sri Indrapura memiliki target pengembangan dan pemanfaatan sektor perkebunan sebagai agrowidya wisata dan pengembangan home industri sebagai aktivitas ekonomi masyarakat. Semoga dari hasil kunjungan kerja tersebut akan ditindaklanjuti melalui MoU sehingga proses diseminasi akan semakin meluas.(sae. Mei 2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *