Memperkenalkan Aneka Tanaman Rempah dan Obat Sejak Dini

Artikel Obat Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Memperkenalkan aneka Tanaman Rempah dan Obat (TRO) sejak dini, merupakan bekal pengetahuan dan pengalaman bagi anak-anak kita. Demikian yang dilakukan oleh Kepala Kebun Percobaan (KP) Cimanggu, Eko Tri Wahyono, SP, PG.Dipl. saat kunjungan siswa SD Regina Pacis (RP) Bogor ke Kebun Wisata Ilmiah 1 (KWI 1) Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Cimanggu, Bogor tangggal 14-15 Maret 2017.

Kepala KP Cimanggu menyebutkan bahwa banyak sekali tanaman sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat keluarga (TOGA) dan pengenalan secara dini sangat penting untuk pengetahuan dan bekal para siswa untuk mendapatkan obat dan kegunaannya secara mudah. Antusias anak-anak sangat tinggi terhadap tanaman obat dan koleksi yang ada di KWI 1 yang berlokasi di Cimanggu Bogor, ujar Eko.

Pendampingan langsung sejumlah 175 anak dari siswa SD RP ini secara santai sambil menikmati suasana yang asri serta bekal masing-masing siswa untuk edukasi pengenalan tanaman rempah dan obat. Pengenalan dari pemanfaatan dan kegunaan masing-masing TRO yang ada di KWI 1

Materi yang disampaikan dalam kunjungan selama dua hari ini adalah mengenal jenis-jenis tanaman obat dan khasiatnya di Taman Sain dan Teknologi Pertanian yang ada di KWI1 dan 2, KP Cimanggu Bogor. Ada 50 jenis TRO yaitu:

.


Liputan : Efiana (Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *