Memenuhi Syarat untuk Ditetapkan, Kabupaten Temanggung Akan Hasilkan Lebih Banyak Benih Unggul Kopi Robusta

Artikel Kopi Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Meningkatnya kebutuhan benih unggul tanaman kopi, khususnya jenis Robusta, mendorong pemerintah daerah Kabupaten Temanggung untuk menambah ketersediaan sumber benih dalam wujud kebun induk maupun kebun entres. Hal tersebut tersirat dalam perbincangan bersama Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Ir. Untung Prabowo (Kamis, 28/06/2018). “Dari Jawa Barat saja sampai tanya ke sini mengenai ketersediaan entres kopi Robusta. Makanya pada tahun 2018 ini kami bermaksud mengajukan penetapan kebun entres dua klon kopi Robusta”, tegasnya.

Dua klon kopi Robusta, yaitu BP 409 dan BP 534, baru dapat diajukan untuk ditetapkan pada tahun 2018, mengacu pada ketentuan umur minimum tanaman dalam Kepmentan No. 319 tahun 2015. Untuk itu, Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) membentuk tim yang bertugas melaksanakan kegiatan penilaian dan pemurnian calon kebun entres kopi Robusta milik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung. Tim tersebut beranggotakan Dani, M.Sc. (Pemulia Balittri), Mohamad Subhi, STP., M.P. (unsur Ditjenbun), Suharjo, S.P. (Pengawas Benih Tanaman Provinsi Jateng), dan Ir. Untung Prabowo (Perwakilan Dinas setempat).

Setelah dilakukan penilaian populasi dan pemurnian klon (Jum’at, 29/06/2017), tim menyimpulkan bahwa calon kebun entres 2 klon kopi Robusta tersebut memenuhi syarat untuk ditetapkan. Beberapa saran perbaikan dituangkan dalam laporan hasil penilaian yang ditandatangani oleh tim. Apabila disetujui untuk ditetapkan, maka Kabupaten Temanggung ke depan akan memiliki kebun entres kopi Robusta sebanyak 6 klon (termasuk SA 237, BP42, BP 936, dan BP 939 yang telah ditetapkan sebelumnya). Hal ini tentunya akan mendukung program pengembangan kopi Robusta, khususnya di wilayah Kabupaten Temanggung.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *