Membuka Wawasan Peserta Raker Puslitbangbun Berkunjung ke PT. Smart Tbk dan BB Mekanisasi Pertanian

Aktifitas Puslitbangbun

Salam Agro Inovasi

Dalam rangkaian kegiatan Rapat Kerja Awal Tahun Puslitbang Perkebunan, peserta raker berkesempatan mengunjungi PT SMART Tbk agribusiness and food, yang berlokasi di Sentul, Bogor – Jawa Barat pada tanggal 12 Januari 2018

PT SMART Tbk agribusiness and food merupakan salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia yang berkomitmen pada produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Perkebunan kelapa sawit SMART mencakup lebih dari 138,000 hektar (termasuk plasma), hal ini menjadi point penting ketertarikan peserta raker puslitbangbun untuk menambah wawasan dan bertukar informasi mengenai perbernihan dan budidaya kelapa sawit skala industri.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Tony Liwang, Kepala Divisi Produksi Tanaman dan Bioteknologi PT SMART Tbk agribusiness and food, menjelaskan detail pekerjaan mereka sehari-hari yaitu merancang praktik agronomi terbaik untuk budidaya kelapa sawit berkelanjutan.

Pekerjaan ini sangat penting untuk mempertahankan kelapa sawit sebagai mata pencaharian utama bagi jutaan petani Indonesia serta mendukung generasi pekerja masa depan Indonesia yang tergerak mencari nafkah di sektor pertanian. Tim Litbang ini berupaya mepertahankan posisi kelapa sawit sebagai tanaman minyak nabati paling produktif di dunia.

Kegiatan Field trip berlanjut ke InstitusiBalai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) di Serpong, Tangerang Banten

BBP Mektan merupakan salah satu unit kerja setingkat Eselon IIb Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang dibentuk berdasarkan PERATURAN MENTERI PERTANIAN Nomor : 12/Permentan/OT.010/4/2016yang diberi mandat nasional sebagai pelaksana teknis dibidang penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian, standarisasi dan pengujian alat dan mesin pertanian.

Kepala BBP Mektan, Andi Nur Alamsyah, STP ,M.T. menyambut dan memberikan penjelasan kepada para peserta raker Puslitbangbun mengenai proses pengembangan Taman Sains Engineering Pertanian di Serpong serta mengharapkan adanya kerjasama kedepan, sehingga mekanisasi menjadi hal nyata demi kemajuan pertanian Indonesia.

Jayalah Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *