Memajukan Pertanian, Menuju Sumedang SIMPATI

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, MP, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, pada Rabu, 27 Maret 2019. Tujuan utama kunjungan kerja ini adalah untuk memajukan pertanian di Kabupaten Sumedang dengan memberikan informasi teknologi, bantuan benih unggul komoditas pangan, perkebunan, hortikultura dan peternakan, serta mendorong masyarakat agar menjadi petani yang tangguh sehingga kesejahteraan keluarganya terjamin.

Hadir bersama Mentan, para pejabat Eselon I dan II Lingkup Kementerian Pertanian termasuk Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Fajdry Djufry, sebagai Penanggung Jawab Kegiatan Kunker Mentan. Rombongan disambut oleh Bupati Sumedang, Donny Ahmad Munir, MSi dan para pejabat Pemkab.

Bupati Sumedang dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan apresiasi yang besar kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian atas kehadiran dan dukungan yang konkrit untuk membangun masyarakat Sumedang lewat pemberian bantuan teknologi dan inovasi, benih dan bibit unggul, pupuk, dan alsintan. Komoditas unggulan Sumedang antara lain padi, ubi cilembu, jagung, peternakan. Bantuan Kementan ini diharapkan dapat membantu untuk mewujudkan Sumedang SIMPATI (Sejahtera, Agamis, Profesional, Maju, Kreatif).

Menteri Pertanian menekankan bahwa pemerintah sangat peduli dengan masyarakat Sumedang. Bukti kepeduliannya yakni dengan kehadiran Mentan disertai dengan pemberian berbagai jenis bantuan untuk percepatan pembangunan pertanian, yang bernilai milyaran rupiah. Sekitar 5.000 orang yang terdiri dari petani, PPL, santri milenial, penerima program perkebunan, pangan dan hortikultura, penerima program sertifikasi Lahan Pertanian dan Buruh Tani, Penerima Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera), Program Ketahanan Pangan, dan program Kemendes hadir dalam kunker Mentan.

 

Puslitbang Perkebunan, Balitbangtan memberikan bantuan benih unggul pala dan kakao kepada para CPCL yang telah diverifikasi oleh Dinas Pertanian setempat. Benih pala dan kakao hasil perbenihan Balitbangtan juga disalurkan oleh Ditjenbun. Kementerian Pertanian mempunyai peran strategis sebagai pengungkit dan penggerak sektor perkebunan dan pertanian pada umumnya menuju tercapainya kejayaan rempah Indonesia, dan lumbung pangan dunia pada Tahun 2045.(JCA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *