Masuk Peringkat Lima Besar, Puslitbangbun Ikuti Seleksi Wawancara

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKERBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) masuk 5 (lima) besar Pemeringkatan Pengelolaan Informasi Inovasi Teknologi Pertanian Melalui Website tahun 2017 lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) untuk kategori A. Selain Puslitbangbun, unit kerja (UK) dan unit pelayanan teknis (UPT) lainnya yang masuk ke dalam peringkat lima besar yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak), Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), dan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Sebagai tindak lanjut dari pemeringkatan website tersebut, diadakan proses wawancara yang merupakan tahap akhir penilaian untuk menentukan peringkat 3 besar di Jakarta (14/12/2017).

Kegiatan Pemeringkatan Website ini sudah dilakukan Balitbangtan sejak tahun 2008, ujar Sekretaris Balitbangtan Dr. M. Prama Yufdy dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Wawancara Pemeringkatan Website bagi 5 (lima) besar UK/UPT Balitbangtan. Dengan kegiatan ini diharapkan akan memacu setiap UK dan UPT untuk menjaga dan meningkatkan kualitas content dan tampilan, melakukan peremajaan website masing-masing secara berkala dan menjadikan website sebagai media diseminasi hasil penelitian, pengkajian, perekayasaan teknolog pertanian, ujarnya.

Pertanyaan yang diberikan pada tahapan wawancara ini diantaranya mengenai kelembagaan, kebijakan, keterbukaan informasi publik, pengelolaan media sosial, dukungan infrastruktur, dan layanan unggulan yang tersedia. Kegiatan wawancara dilakukan di Ruang Rapa Lantai 3 Balitbangtan oleh Tim Asessor (Dewan Juri Independen yang berasal dari IPB, UI, Gunadarma, pusdatin dan wartawan).

Puslitbangbun yang mendapat jadwal pertama mempresentasikan hasil kegiatan pengelolaan TIK-nya. Presentasi disampaikan oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc., Ph.D., yang didampingi oleh Bursatriannyo, S.Komp., dan Herwindo Dharmawan, S.Kom., sebagai Administrator Website.

Disamping materi wawancara di atas, dalam presentasinya di depan Dewan Juri, juga menyampaikan beberapa layanan unggulan dari Puslitbangbun seperti database komoditas unggul perkebunan dan Open Journal System (OJS) pada e-Journal Littri dan e-Journal Perspektif.

Di akhir wawancara, tim asesor mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan Puslitbangbun dalam pengelolaan TIK, serta memberikan saran-saran untuk perbaikan kedepan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *