Kegunaan dan Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO)

Inovasi Kelapa Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Bali merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam, terbukti dengan adanya bermacam-macam komoditas seperti komoditas pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan. Hasil dari sektor perkebunan salah satunya adalah kelapa. Buah kelapa selain dikonsumsi sebagai bahan campuran makanan setelah diparut, bisa juga dikonsumsi dengan cara diminum berupa minyaknya. Minyak ini sering kita sebut sebagai VCO (Virgin Coconut Oil) yang mempunyai beberapa manfaat.

1.  Anti Kerut dan Penuaan Dini

VCO selain di konsumsi dengan cara di minum juga dapat digunakan secara langsung di kulit sebagai lotion. Efek kesehatan VCO adalah sebagai antioksidan dan anti keriput sehingga dapat mencegah penuaan dini. Penggunaan vco secara rutin akan membantu kulit menjadi awet muda, dengan cara membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan meluruhnya sel-sel kulit mati dan mengganti dengan sel-sel baru maka kulit akan menjadi elastic, kuat dan  mulus. VCO dapat juga melindungi kulit dari serangan bakteri dan jamur yang dapat merusak kulit.

Cara penggunaan :  VCO dioleskan merata dan tipis dipermukaan kulit. Dilakukan setelah mandi dan tubuh dikeringkan terlebih dahulu dengan handuk sebelum menggunakan lotion VCO. Hasilnya, kulit lebih kenyal dan halus, lebih bercahaya, awet muda dan mencegah noda kehitaman.

2. Perawatan Rambut

VCO untuk perawatan rambut sejak dahulu telah dilakukan oleh orangtua kita/nenek moyang kita yang dimannfaatkan sebagai conditioner rambut yang hebat.

Cara penggunaan : VCO dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat, diamkan beberap saat kemudian dibilas. Sebagai conditioner, memijatkan 2 sendok makan ke rambut  menjelang tidur dan membilasnya di pagi hari. Hasilnya, rambut menjadi lembut, hitam, lebat, dan berkilau. Ampuh juga untuk menghilangkan ketombe.

Sumber : BPTP Bali

 

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *