Manfaat Bio-Pretreatment Lignoselulosa pada Produksi Bioetanol Limbah Perkebunan

Inovasi Teknologi

BERITA PEREBUNAN – Bioetanol dapat digunakan sebagai energi alternatif yang menjanjikan yang dapat diproduksi dari limbah biomassa lingo-selulosa seperti pada limbah perkebunan sawit, kopi, kakao, dan tanaman serat. Bioetanol dapat digunakan untuk meng-urangi emisi CO2 dan sebagai alternatif energi menjanjikan yang bersumber dari limbah perkebunan sehingga menunjang pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan.

Keseluruhan proses pembuatan bioetanol berbahan baku biomassa lignoselulosa perkebunan dapat melalui beberapa tahapan, antara lain: pra perlakuan hidrolisis (sakarifikasi), fermentasi, distilasi, dan purifikasi. Pra perlakuan dapat dilakukan secara kimia, fisika, maupun biologis (biopretreatmen).

Dalam produksi bioetanol, biopra perlakuan menjadi performance penting untuk mendegradasi dinding sel lignoselu-losa sehingga lebih mudah diakses oleh enzim hidrolitik. Selain pra perlakuan sebagai langkah awal, penggunaan metode SSF (Saccarification simultance fermentation) yang dihidrolisis secara enzimatik memungkinkan etanol yang dihasilkan menjadi makin lebih tinggi.
Selengkapnya donwload full text berikut : Infotekbun-Bioetanol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *