Manajemen Korporasi juga Bisa Dibentuk di Lapangan

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Haryono mengatakan bahwa Manajemen korporasi juga bisa dibentuk di lapangan. Hal ini disampaikan dalam arahan Kabadan pada acara pembukaan pertandingan tenis lapangan Badan Litbang Cup II di lapangan tenis Puslitbangbun – Balittro (15/11/14). Kabadan mengatakan event yang diselenggarakan tanggal 15-16 November 2014 ini juga sangat penting untuk meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan.

Kabadan mengapresiasi kegiatan pertandingan tenis lapangan ini. Secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Puslitbang Perkebunan yang sebelumnya sejak era Bapak Darwis SN (kepala Puslitbang Perkebunan 1993 – 1997) telah merintis dan aktif membangkitkan kembali pertandingan tenis.

Dalam kesempatan tersebut, Kabadan memberikan tips dan contoh hidup sehat, yaitu agar kita senantiasa turun ke lapangan agar terkena sinar matahari, hindari pola makan yang tidak baik, dan upayakan mengonsumsi herbal. “Kekurangan vitamin D dapat juga disebabkan karena kita kurang terkena sinar matahari” imbuh Kabadan.

Kabadan mengucapkan selamat bertanding kepada semua kontingen. Selanjutnya Kabadan membuka pertandingan tenis Balitbangtan Cup II yang ditandai dengan pemukulan bola di lapangan, didampingi  oleh Sekretaris Badan, para Kapus, Ka BB dan Ka Balit yang hadir dan disaksikan oleh peserta pertandingan dan hadirin.

Sebelumnya, dalam pengantarnya  Kepala Puslitbangbun Dr. Muhammad Syakir, melaporkan bahwa pertandingan tenis lapang beregu ini memperebutkan tropi Balitbang Cup II. Pada Balitbangtan Cup I tahun 2013, juara pertama diraih oleh Tim Puslitbangbun,  kedua Tim BBSDLP, dan ketiga Tim Puslitbangtan.  Pada tahun 2014 ini, kejuaraan tenis lapangan diikuti oleh 14 tim yang berasal dari 13 Unit Kerja Eselon II lingkup Balitbangtan. Puslitbang Perkebunan mengirimkan 2 Tim.

M. Syakir dalam laporannya juga  mengatakan bahwa kegiatan ini  merupakan lanjutan event tahunan yang sudah lama dilakukan di Puslitbangbun, yaitu mulai 1993. Awalnya Puslitbangbun Cup yang selanjutnya berkembang menjadi Badan Litbang Cup. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang silaturahim dan salah satu konsep multi channel. Semua koridor digunakan dalam konsep multi channel, salah satunya adalah melalui wadah olah raga tenis lapang. Selain fisik, komunikasi juga terjalin menjadi lebih baik, sehingga manajemen korporasi yang diterapkan Balitbangtan bisa lebih terdorong melalui pilar olah raga ini.

Selanjutnya Kapuslitbangbun menyerahkan piala bergilir yang sudah diraih tahun lalu kepada Kepala Balitbangtan untuk diperebutkan kembali.

Pertandingan final yang berlangsung pada hari Minggu pagi (16/11/2014) dan disaksikan langsung oleh Kabadan beserta pejabat lainnya, berjalan seru dan menegangkan. Pada akhirnya, Tim beregu BBSDLP berhasil revans dan sukses menyabet juara I dengan mengalahkan Tim Puslitbangbun A 2-1 yang puas sebagai juara II.  Untuk juara III direbut oleh Tim BB Padi, sedangkan juara IV Tim Puslitbangbun B. Dalam penutupannya, Kabadan mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap kejuaraan tahun depan tetap dapat bergulir.

Laporan Kepala Puslitbangbun Dr. Muhammad Syakir dan serah terima piala bergilir Balitbangtan Cup.

Arahan Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono pada acara pambukaan Balitbangtan Cup II.

Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono memukul bola menandai dimulainya pertandingan tenis Balitbangtan Cup II, didampingi Sesba,  Kepala Puslitbanghorti dan Kapuslitbangtan.

Kepala Badan Litbang Pertanian didamping para pejabat eselon II  berfoto bersama, dan menyerahkan bola pertama untuk dipertandingkan.

Kepala Badan Litbang Pertanian menyaksikan pertandingan final tenis Balitbangtan Cup II antara tim Puslitbangbun melawan tim BBSDLP.

Kepala Badan Litbang Pertanian menyerahkan piala kepada para pemenang tenis lapangan beregu  yang diterima oleh Kepala BBSDLP (juara I: BBSDLP), Kepala Puslitbangbun (Juara II: Puslitbangbun A), Kepala Puslitbangtan atas nama Kepala BB Padi (Juara III : BB Padi) dan Kepala Balittro (Juara IV: Puslitbangbun B).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *