Mahasiswa PKL Gunadarma Berkolaborasi dengan Puslitbang Perkebunan Merancang Bangun 3 Aplikasi User friendly Pelayanan Publik Online

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Menindaklanjuti kerjasama yang telah ditandatangani antara Balitbangtan dan Universitas Gunadarma, sebanyak delapan mahasiswa dari Universitas Gunadarma melaksanakan Praktek Kerja Lapang (PKL) di kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Balitbangtan, Kementan selama 4 (empat) bulan mulai bulan April sampai dengan Juli 2018. Sebagian mahasiswa tersebar pada beberapa UK/UPT di bawah Balitbangtan.

Sinergisme mutualisme diperoleh kedua lembaga yang bekerjasama. Mahasiswa PKL Universitas Gunadarma dapat mengimplementasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah didapat di bangku kuliah dan mendapatkan pengalaman serta belajar dari Puslitbangbun, Balitbangtan. Demikian juga Puslitbangbun bisa mendapatkan manfaat yakni dibangunnya tiga aplikasi yang berkaitan dengan tugas fungsi lembaga penelitian dan pengembangan perkebunan dalam memberikan pelayanan publik secara cepat dan akurat.

Delapan mahasiswa dibagi ke dalam 3 kelompok kerja untuk mendukung tugas pelayanan puslit sesuai hasil diskusi bersama antara mahasiswa dan Kabid/kasubbid PHP dan mahasiswa. Kelompok dibagi berdasarkan bidang ilmu dan minat mahasiswa sera kebutuhan UK. Tiga project yang terdiri atas: (1) Aplikasi Pengelolaan PPID Puslitbangbun berbasis web, (2) Aplikasi Perpustakaan Pusltbangbun berbasis Android, dan (3) Aplikasi pemanfaatan informasi sebaran Varietas Unggul Perkebunan berbasis Android. Ketiga kelompok tersebut didamping oleh mentor dari Puslitbangbun yakni : Herwindo Darmawan, S.Kom (Kel. 1) Erriani Kristiyaningsih, S.Sos. (Kel. 2), dan Bursatriannyo, S.Komp. (Kel. 3). Monitoring dan evaluasi perkembangan tugas kelompok dilakukan secara berkala oleh para mentor dan pejabat struktural bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP).

Pada akhir tahapan PKL, dilakukan pemaparan hasil kerja oleh setiap kelompok di hadapan Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc.,Ph.D., Kasubbid PHP Sudarsono, SE., pendamping, dan staf KSPHP Puslitbangbun di Bogor (31/7/18).

Dalam sambutannya Kabid KSPHP menyampaikan nilai positif dari hasil kerjasama antara Balitbangtan dan Universitas Gunadarma dan berharap kerjasama seperti ini akan terus terjalin untuk memberikan manfaat bagi kedua lembaga. Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya disampaikan kepada para mahasiswa dan mendorong mereka untuk mengembangkan hasil kerja ini yang katanya berpotensi mandapatkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI). Semoga aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna dan pengelola dalam kegiatan sehari-hari melayani masyarakat.

Kelompok 1 yang terdiri dari 3 mahasiswa, yakni : Alfiyani Nikmaturrofiqoh, Eva Dwi Permatasari, dan Jasmine Aprilra Rehatta mempresentasikan hasil PKLnya tentang “Aplikasi Pengelolaan PPID Puslitbangbun Berbasis Web” telah merancang dan membangunan aplikasinya. Aplikasi tersebut sudah diujicobakan dan diimplementasikan dalam kegiatan PPID di Puslitbangbun, mulai dari Registrasi sampai dengan pengisian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara online. Aplikasi ini dapat diakses melalui link http://perkebunan.litbang.pertanian.go.id/ppid_perkebunan/

Selanjutnya Kelompok II yang terdiri dari 3 mahasiswa, yakni : RahmaDewi Kispriandari, Bunga Paramitha Alleny, dan Dewandra Sapto Presetyo mempresentasikan hasil PKLnya tentang “Aplikasi Perpustakaan Pusltbangbun berbasis Android”. Aplikasi nantinya dapat diakses di handphone dengan terlebih dahulu didownload melalui PlayStore. Dalam paparannya kelompok 2 menyampaikan cara penggunaan aplikasi tersebut pada handphone.

Sedangkan Kelompok III yang terdiri dari 2 mahasiswa, yakni : Bhimo Randito T., dan Wijdan Hawari merancang dan membangun Aplikasi Sebaran Varietas Unggul Perkebunan berbasis Android. Dalam paparannya menyampaikan bahwa Aplikasi ini dibangun menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS). Aplikasi ini terdiri dari menu-menu antara lain : Profil Puslitbangbun, Pengenalan Varietas Unggul Perkebunan, dan Peta Varietasnya. Aplikasikan ini juga sudah dilengkapi dengan menu bantuan berupa Panduan aplikasi dan Hubungi kami untuk kontak.

Ketiga Aplikasinya ini sudah berjalan dengan baik walaupun ada beberapa catatan untuk perbaikan. Ketiga aplikasi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan bagi pengguna akan rangka memenuhi pelayanan kemasyarakat. (Bur)

Foto: Suasana Presentasi hasil PKL Mahasiswa Gunadarma (31/7/18).

 

Foto: Suasana Presentasi hasil PKL Mahasiswa Gunadarma (31/7/18).

 

Gambar. Antar muka Aplikasi PPID Puslitbangbun.

 

Gambar. Antar muka Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android.

 

Gambar. Antar muka Aplikasi Sebaran Varietas Unggul Perkebunan Berbasis Android.

 

Foto: Penyerahan Sertifikat oleh Kabid KSPHP Puslitbangbun Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc.,Ph.D., kepada Kelompok 1 Mahasiswa PKL Gunadarma (31/7/18).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *