Mahasiswa Pasca Sarjana IPB Belajar Kultur Jaringan ke Puslitbangbun

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) menerima kunjungan rombongan mahasiswa pasca sarjana IPB jurusan Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman Semester 1 tahun 2018. Rombongan yang dipimpin oleh Dr. Ir. Diny Dinarti, MSi, dosen Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman bersama 18 mahasiswa yang berasal dari Indonesia, Etiopia dan Timur Leste, serta lima pendamping, diterima oleh Plh Kepala Bidang KSPHP Sudarsono, SE.

Dalam sambutannya Sudarsono mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari IPB di Puslitbangbun, dan mengapresiasi dipilihnya Puslitbangbun sebagai tempat kunjungan. Sudarsono juga memperkenalkan Prof.Dr. Ika Mariska sebagai expert kultur jaringan, dan Dr. Saefudin sebagai Kasub Kerjasama.

Selanjutnya Dr. Ir. Diny Dinarti, MSi, sebagai dosen di Program Study Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung bersama mahasiswa adalah untuk mendapatkan informasi perkembangan penelitian mikropropagasi komoditas perkebunan melalui tehnik kultur jaringan sekaligus melihat fasilitas yang ada di Unit Pengelola Benih Unggul Pertanian (UPBUP) Badan Litbang Pertanian, Kementan. Dr. Dinarti berharap kunjungan ini dapat memicu munculnya minat mahasiswa untuk meneliti perbanyakan tanaman melalui tehnik kultur jaringan dan berkeinginan menjadi peneliti nantinya.

Acara kunjungan yang bertempat di ruang rapat lt. 2 ini dilanjutkan dengan pemutaran video dan presentasi profil Puslitbangbun oleh Dr. Saefudin. Dalam paparanya Saefudin membuka lebar peluang kerja sama penelitian bagi mahasiswa maupun pihak lain untuk kemajuan penelitian Kultur Jaringan.

Materi kultur jaringan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ika Mariska berjudul Developmen of Plant Tissue Culture at ICABIOGRAD. Prof. Ika yang sudah menggeluti bioteknologi kultur jaringan selama 43 tahun ini dalam presentasenya menjelaskan tehnik dan berbagai keberhasilan pemanfaatan tehnik kultur jaringan untuk mendapatkan tanaman dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat, resisten terhadap cekaman biotik dan abiotic, serta memiliki produktivitas tinggi dan disukai konsumen. Perbaikan tehnik masih terus dilakukan untuk beberapa jenis tanaman perkebunan, sehingga diharapkan protocol perbanyakan untuk semua jenis tanaman bisa diperoleh nanti.

Pada sesi diskusi para mahasiswa antusias bertanya. Mereka sangat tertarik dengan teknik kultur jaringan/somatic embriogenesis yang sudah dilaksanakan Puslitbangbun. Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh para mahasiswa dan mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya yaitu Prof. Ika Mariska. Prof. Ika selanjutnya berpesan agar para mahasiswa memahami, membaca dan mempelajari referensi sejarah kultur jaringan, serta berupaya untuk menguasai semua aspek terkait molekuler.

Di akhir kunjungan, Dr. Dini mengucapkan terima kasih kepada Puslitbangbun terhadap apa yang sudah disampaikan oleh Prof. Ika yang juga sebagai salah satu dosennya saat S1 dan S2 serta penguji S3-nya. Semoga ilmu yang didapat dapat memberi wawasan bagi mahasiswa dan menambah ilmu pengetahuan serta dapat diaplikasikan nantinya. Terima jasih atas penerimaan yang sangat baik dan kunjungan ini sangat bermanfaat, ujarnya. (/Bursatriannyo)

#JayalahPertanianIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *