Lepas Sambut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan

Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Puslitbang Perkebunan diharapkan terus melakukan pengembangan penelitian terutama dalam menciptakan varietas unggul komoditas perkebunan yang memiliki produktivitas tinggi, karakter unggul seperti cepat berbuah, toleran kondisi lahan sub-optimal, tahan hama penyakit serta memiliki kualitas nutrisi yang sehat untuk memberikan dampak terhadap kesejahteraan petani melalui inovasi modern. Sumber-sumber benih unggul komoditas strategis yang menjadi kebutuhan dunia harus tersedia setiap saat dalam rangka peningkatan produksi dan areal tanam sekaligus mampu meningkatan ekspor Republik Indonesia. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Baitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si pada saat acara lepas sambut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, 26 Juni 2019 di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat.

Pada kesempatan lepas sambut tersebut Fadjry menyampaikan apresiasi terhadap seluruh pejabat struktural, peneliti, dan karyawan Lingkup Puslitbang Perkebunan atas kinerja, kerja sama serta semangat kekeluargaan selama memimpin. Dengan pimpinan baru yaitu Ir. Syafaruddin, PhD diharapkan mampu melanjutkan serta meningkatan program dan kegiatan sebelumnya sekaligus menciptakan hal-hal baru di bidang penelitian dan pengembangan perkebunan.

Dalam kesempatan lepas sambut tersebut turut hadir seluruh pejabat struktural lingkup Balitbangtan khususnya pejabat Eselon II yang sekaligus memberikan ucapan selamat dan apresiasi terhadap Kepala Balitbangtan selama menahkodai Puslitbangbun serta mensupport Kepala Pusat baru yang sebelumnya sebagai Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri).

Syafaruddin menyelesaikan Sekolah Dasar di kampung halamannya di Tanjung Batu, Sumatera Selatan. Kemudian melanjutkan pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama dan tingkat atas di kota Curup, Bengkulu. Selanjutnya menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Sriwijaya, Palembang pada tahun 1989 pada jurusan Hama dan Penyakit Tanaman. Pendidikan pascasarjana program Magister diselesaikan di University of Tsukuba, Jepang pada tahun 2002 dengan bidang ilmu Genetic Variability. Pada tahun 2006, peneliti pemuliaan ini menyelesaikan progam Doktor di almamater yang sama University of Tsukuba dengan konsentrasi ilmu Biology Resource Science and Technology.

Bapak dua putra ini memulai karirnya di Balai Penelitian Tanaman Pangan (Balittan) menterian Pertanian, Bogor pada tahun 1993 dalam kelompok peneliti pemuliaan yang kemudian bermigrasi ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dan pada tahun 2006 mutasi ke Balai Penelitian Rempah dan Aneka Tanaman Industri (Balittri). Selama periode 2012-2014 ia dipercayai sebagai penanggungjawab komponen A (SDM) pada Sustainable Management Agricultural Research and Technology Disseminations(SMARTD) Badan Litbang Pertanian, Jakarta. Beliau kemudian dipercaya sebagai Kepala Bidang KSPHP di unit kerja Puslitbangbun hingga tahun 2016. Pada tanggal 2 Maret 2016 ia sukses dilantik sebagai Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Sukabumi, Jawa Barat.

Pada sambutanya sebagai Kapuslitbangbun, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat struktural, peneliti, karyawan Balittri yang selama ini telah menunjukkan kerja keras dan dedikasinya selama dirinya memimpin. Kapus menyatakan bahwasanya jabatan baru di Puslitbangbun menjadi amanah berat dalam upaya memberikan kontribusi lebih luas terhadap kemajuan bidang perkebunan di masa mendatang, untuk itu dibutuhkan dukungan dan kerjasama seluruh pihak terutama lingkup Puslitbang Perkebunan. (Sae/26-06-2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *