Laporan Renstra periode 2015-2019 dan Succes Story Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Laporan merupakan bentuk penyajian dari suatu fakta, keadaan suatu kegiatan yang disajikan sebagai bentuk pertanggungjawaban, informasi, alat pengawasan. Laporan juga memiliki manfaat untuk menentukan/ pengambilan kebijakan, rencana kegiatan berikutnya, mengetahui perkembangan/ proses peningkatan kegiatan dan sebagai sumber informasi.

Pada hari Rabu tanggal 20 Febuari 2020, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melaksanakan rapat koordinasi dengan Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) lingkup Balitbangtan di Jakarta dengan agenda persiapan penyusunan laporan Renstra periode 2015-2019. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bagian Perencana Balitbangtan, Dr. Arif Surachman, dihadiri oleh Bidang Program dan Evaluasi lingkup Balitbangtan.

Dalam sambutannya Arif Surachman mengharapkan agar laporan hasil inovasi teknologi yang disampaikan sesuai dengan hasil, “Rapat Dengar Pendapat dengan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia”, untuk dibuat succes story mulai dari berdirinya Balitbangtan pada tahun 1974 sampai dengan 2019. Hal ini penting, sebagai bentuk pertanggungjawaban Balitbangtan yang berkomitmen, berkontribusi nyata dan signifikan dalam membangun Pertanian Indonesia, imbuh Arif.

Selain melaksanakan mandat utama melakukan penelitian dan pengembangan, Balitbangtan juga terus berupaya menghasilkan inovasi teknologi yang mempunyai daya ungkit tinggi antara lain: Varietas Unggul Baru (VUB), Teknologi Budidaya, Produk Peningkatan Nilai Tambah, Formula dan Inovasi Teknologi. Balitbangtan merasa sangat perlu melakukan pengkajian dan percepatan diseminasi inovasi teknologi dalam upaya memperderas informasi sebagai wujud nyata dalam kesejahteraan masyarakat.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Ir. Syafaruddin, Ph.D. menyambut baik penyusunan laporan yang akan dijadikan succes story Balitbangtan. Dalam upaya mendukung revitalisasi pertanian, Puslitbangbun terus melakukan pembenahan baik di bidang penelitian maupun pengembangan, untuk menghasilkan inovasi teknologi pertanian, khususnya bidang perkebunan, melalui perbaikan program-program kegiatan, peningkatan kegiatan dibidang diseminasi hasil-hasil penelitian. Penguasaan dan penerapan teknologi menjadi kunci bagi keberhasilan dalam mendukung pembangunan pertanian, ucap Syafaruddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *