Lagi, Balittri Adakan Bimtek Online untuk Komoditas Kakao

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kembali melaksanakan Bimtek Teknis (Bimtek) Online dengan tajuk Kupas Tuntas Komoditas Kakao, selasa (4/7) kemarin. Pada Bimtek ini akan membahas mengenai seluk beluk komoditas tanaman kakao mulai dari hulu hingga hilirisasi nya.

Nur Kholilatul Izzah, S.P., M.P., Ph.D selaku Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian (Yantek dan Jaslit) berkesempatan membuka acara yang yang direncakan akan berlangsung selama 3 hari yakni mulai dari tanggal 4 Agustus hingga 6 Agustus. Menurutnya, melalui bimtek online ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi peserta untuk berbagi informasi dan juga meningkatkan wawasan mengenai tanaman kakao. “Meskipun ditengah pandemik, Balittri terus melaksanakan upaya diseminasi kepada masyarakat, walaupun dilakukan secara virtual”, ungkapnya. Ditambakan pula dalam memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru Balittri Kembali membuka kesempatan bagi kalangan akademisi untuk pelaksanaan magang (mahasiswa/sekolah) serta penelitian. Tentunya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Ada tiga sesi dalam pelaksanaan bimtek online kali ini. Ketiga nya akan disampaikan oleh Narasumber-narasumber yang sangat berkompeten sesuai dengan kepakarannya. Pada hari pertama, akan lebih banyak membahas pada sektor hulu yakni mengenai Pengenalan Varietas Unggul Tanaman Kakao dan Perbenihannya oleh Ilham Nur Adhi, S.P.,M.Si. Selanjutnya  dilanjutkan dengan materi Perbanyakkan Klonal Kakao secara Konvensional dan Kultur Jaringan yang disampaikan oleh Dr. Nur Ajijah, M.Si.

Peserta yang mengikuti Bimtek ini juga sangat beragam latar belakangnya , mulai dari petani kakao, penyuluh pertanian, dosen, mahasiswa, hingga pengusaha. Jumlah partisipan dalam setiap bimtek yang diselenggarakan juga selalu melewati kuota yang disediakan oleh panitia, sehingga diupayakan selain melalui zoom meeting, bimtek ini juga dapat disaksikan lewat beberapa media sosial Balittri seperti Youtube, Facebook dan Twitter.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *