Laboratorium Pengujian Balit Palma Ikut Serta Dalam Pertemuan Evaluasi Hasil Uji Profisiensi

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIIVTAS PERKEBUNAN – Dalam upaya menjaga sistem mutu dan kompetensi Laboratorium Pengujian Balit Palma dalam jangka panjang, diperlukan suatu mekanisme penilaian laboratorium yang dapat menilai unjuk kerja laboratorium secara periodik yang ditujukan untuk kepentingan akreditasi. Oleh karena itu Laboratorium Pengujian Balit Palma rutin mengikuti uji profisiensi yang diselenggarakan Balit tanah setiap tahunnya. Tujuan dilakukannya uji profisiensi antar laboratorium pengujian adalah untuk evaluasi kinerja laboratorium dalam pengujian, identifikasi masalah serta inisiasi tindakan untuk peningkatan, penetapan efektifitas metode uji dan peningkatan kepercayaan pelanggan terhadap laboratorium pengujian.

Acara temu teknis evaluasi hasil uji profisiensi dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2018 di Balai Penelitian Tanah Bogor yang diikuti oleh 34 peserta dari 27 laboratorium pengujian baik instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan/ swasta.

Acara pertemuan teknis uji profisiensi dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Tanah Dr. Husnain yang memberikan arahan tentang pentingnya mengikuti uji profisiensi untuk laboratorium pengujian sebagai evaluasi kinerja laboratorium. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang metode analisa tanah oleh Sulaeman,M.Sc, metode analisa tanaman oleh Dr. Linca Anggria, metode analisa pupuk organik oleh Lenita Herawari,M.Si. Presentasi hasil uji profisiensi oleh Dr. Diah Setyorini, Standar mutu pupuk organik dan anorganik oleh Dr.Wiwik Hartatik. Interpretasi hasil analisis tanah, tanaman dan pupuk oleh Dr. Sri Rochayati. Metode analisis mikrobiologi oleh Dr. Erny Yuniarti. Serta Review, tindak lanjut dan umpan balik pelanggan oleh Dr Asmarhansyah.

Dengan mengikuti uji profisiensi setiap tahun, diharapkan memberikan motivasi lebih bagi laboratorium pengujian Balit Palma untuk terus memperbaiki kinerjanya dalam pengujian contoh tanah, tanaman dan pupuk organik.(PWA)

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *