Kunker Komisi IV DPR RI ke Balit Palma Manado

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Hari ini, Selasa (19/12/2017), Anggota Komisi IV DPR RI beserta rombongan, melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) Manado.  Disambut secara langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Muhammad Syakir, yang didampingi oleh Kepala Balitpalma, Kepala BPTP Sulawesi Utara, dan Kepala BPATP.

Kepada Rombongan Komisi IV DPR RI tersebut ditunjukkan berbagai jenis dan varietas unggul kelapa hasil inovasi Balitbangtan, baik kelapa dalam, kelapa genjah dan kelapa kopyor, serta berbagai jenis hasil olahan kelapa.

Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa saat ini, proses dan penciptaan inovasi teknologi Balitbangtan khususnya varietas unggul tdk hanya dilakukan secara konvensional, namun telah didukung dengan teknologi modern yang lebih efisien, efektif dan terukur.

Satu tujuan utama adalah termanfaatkannya inovasi teknologin Balitbangtan oleh masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan dan mendukung kedaulatan pangan. Komoditas perkebunan mulai menjadi perhatian khusus pamerintah, setelah diperoleh keberhasilan dalam program komoditas tanaman pangan. Oleh karena itu, Balitbangtan bersama Direktorat teknis terkait, kerja bersama dalam mendaratkan inovasi teknologi perkebunan melalui program perbenihan perkebunan mendukung Tahun Perbenihan 2018, ujar Kepala Balitbangtan.

Pada kesempatan tersebut, Komisi IV DPR RI menyarankan agar pengembangan dan pemasaran kelapa diperluas, bekerjasama dengan Direktorat Teknis. Balitbangtan yang menghasilkan varietas kelapa unggul, sedangkan Direktorat Teknis yang memperbanyak serta mendistribusikannya agar tersebar masif di masyarakat. (RHP)

Berita Terkait : Komoditas Perkebunan Menjadi Perhatian Khusus Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *