Kab. Bangka Barat akan Mengembangkan Kelapa dan Aren Unggul dari Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Ketua dan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Barat mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada Jumat 26 Januari 2018. Tujuannya yakni untuk mendapatkan informasi teknologi yang diperlukan dalam pengembangan kelapa dan aren di daerahnya. Ketua dan anggota Komisi II DPRD Bangka Barat diterima oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Dr. Fadjry Djufry yang didampingi oleh Kabid. KSPHP, Dr. Jelfina C. Alouw.

Dalam sambutannya, Dr. Fadjry mengemukakan bahwa Puslitbang Perkebunan, Balitbangtan, Kementan diberi mandat untuk melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program, penelitian dan pengembangan perkebunan yang bersifat strategis dan inovatif untuk mendukung upaya optimalisasi pemanfaatan perkebunan demi kesejahteraan petani. Selanjutnya Dr. Fadjry mengemukakan bahwa Puslitbang Perkebunan bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Manado, Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) siap mendukung program pemerintah daerah termasuk Kabupaten Bangka Barat. Dukungan antara lain pendampingan atau bimbingan teknis serta menyiapkan inovasi teknologi hasil-hasil penelitian kelapa dan aren serta komoditi perkebunan lainnya yang sesuai dengan kondisi daerah setempat.

Ketua Komisi II DPRD Bangka Barat, Zalpian Zainudin mengapresiasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan kelapa dan aren sebagai hasil penelitian dan pengkajian Balitbangtan yang dipaparkan oleh Kabid KSPHP Puslitbang Perkebunan, dan berencana untuk melihat langsung teknologi kelapa dan aren yang ada di Balit Palma Manado. Dia akan menindaklanjuti pertemuan awal ini bersama dengan Dinas Perkebunan dan Dinas teknis lainnya agar kelapa dan aren bisa dikembangkan dalam suatu kawasan bioindustri di Bangka Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *