Kunjungan PT. CME ke Puslitbang Perkebunan dalam rangka Penjajakan Kerja Sama Pengembangan Bioenergi

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Saat ini, peran energi baru terbarukan dan konservasi energi sangatlah penting untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. Selaras dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan populasi penduduk yang terus melaju, proyeksi kebutuhan energi di Indonesia akan meningkat 4,7% per tahun. Dalam hal ini, peranan energi baru terbarukan menjadi sangat penting, terutama dalam meningkatkan akses energi modern kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional mendorong pengembangan energi baru terbarukan dengan menetapkan target pemanfaatan energi terbarukan pada tahun 2025 sebesar 23%, dan pemanfataan bioenergi sebesar 5%. Melalui peraturan ini diharapkan Pemerintah dapat bekerjasama dengan pihak-pihak terkait khususnya investor agar dapat memanfaatkan peluang investasi ini dengan sebaik-baiknya.

Menyikapi hal tersebut Puslitbang Perkebunan mendapatkan kunjungan dari PT. Cipta Mulai Energi (PT. CME) yang menjalan misi: (1) Melaksanakan riset, pengembangan, dan konsultasi di bidang energi terbarukan, pertanian, dan perkebunan, (2) Memproduksi dan memasarkan biodiesel B100 dan bahan nabati lainnya, (3) Mengembangkan bidang usaha pertanian, perkebunan, dan pengolahan hasil pertanian dan hasil perkebunan, dan (4) Mengembangkan kerja sama dengan prinsip kepercayaan, normatif, profesional, feasible, dan saling menguntungkan.

Kunjungan tersebut mendapat sambutan langsung oleh Kepala Puslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D dan pejabat struktural, kelompok peneliti Puslit dan para peneliti Balittri yang selama ini fokus dalam penelitian dan pengembangan bioenergi. Kunjungan dimaksudkan dalam rangka rencana kerja sama penelitian, pengembangan dan penggunaan hasil riset serta inovasi Puslitbang Perkebunan oleh PT. CME.

Dalam sambutanya Kapus menyampaikan apresiasi atas kepercayaan PT. CME mengandeng Puslitbang Perkebunan dalam melakukan kerja sama dalam rangka merespon cepat kebijakan pemerintah terkait pemanfaatan dan pengembangan sumber energy alternative sebagai pemenuhan energy jangka panjang terutama yang berbasis bioenergi dan bahan nabati lainya. Secara teknis kerja sama dapat melibatkan langsung Balittri dan para peneliti yang telah memiliki kapasitas serta keahlian di bidang bioenergi.

Demikian halnya Direktur Utama PT. CME Aldo Tanzil SE MM Ak CA didampingi Lilik Kristianto,S.Sos,M.Si (Direktur) dan Ir. Anom Wibisono (Peneliti) kembali mengapresiasi atas sambutan dan fasilitasi Puslitbang Perkebunan atas rencana kerja sama tersebut. Aldo menyatakan bahwa, PT CME sebagai organisasi bisnis yang mengolaborasikan peneliti/akademisi dan pengusaha berupaya berkontribusi. PT CME menjalankan bisnis jasa riset dan konsultasi, industri pengolahan dan perdagangan: minyak dan lemak nabati berupa biodiesel dan bahan bakar nabati lainnya, pertanian, dan perkebunan.

Dalam rangka meningkatkan nilai tambah potensi bioekonomi, PT CME mengembangkan kerja sama dengan pemerintah, perusahaan, dan berbagai pihak lain di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi yang terkait bioindustri dan bioenergy, Tegas Aldo.

Usai diskusi terkait mekanisme kerja sama dan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan sinergi dalam mencapai tujuan kerja sama, Kapus menekankan agar kerja sama ini tidak hanya akan melahirkan lisensi dan paten, namun juga harus mampu memberikan memberikan kontribusi berarti terhadap keburtuhan energi dimasa mendatang dengan mengoptimalkan peran peneliti, sarana dan prasarana yang dimilki Puslitbangbun.(Sae & Tedy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *