Kunjungan Pra Purna Bhakti Kemenlu Ke KWI Tanaman Obat

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Puslitbangbun, Balitbangtan, dikunjungi oleh rombongan dari Pegawai Kementerian Luar Negeri RI pada hari Senin tanggal 27 Oktober 2014 . Rombongan yang berjumlah sekitar 50 orang tersebut merupakan para Pra Purna Bhakti Kemenlu.  Rombongan diterima oleh Kepala Kebun Percobaan Cimanggu, Dadang Rukmana, SP., yang mewakili Balittro.

Kunjungan para Pra Purna Bhakti dari Kemenlu ini dipimpin oleh Bapak Artantyo. Dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kunjungan ke Balittro ini merupakan bagian dari kegiatan Pelatihan Pra Purna Bakti ke-7 tahun 2014 yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri. Hasil kunjungan ini  diharapkan dapat  meningkatkan kualitas para Pra Purna Bakti Kemenlu, khususnya mendapatkan pengetahuan akan pentingnya pemanfaatan tanaman rempah dan obat untuk kesehatan keluarga.

Dadang Rukmana, SP. dari Balittro menjelaskan secara singkat mengenai profil Balittro terkait visi, misi, tupoksi, laboratorium, dan beberapa varietas tanaman rempah dan obat yang ada di Balittro, sekaligus pemaparan materi tentang tanaman obat keluarga (TOGA).

Dalam kesempatan ini juga ditunjukkan demo cara pembuatan sabun herbal yang  berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan mengobati penyakit kulit (gatal/elergi, panu, kurap, dan jerawat). Secara garis besar cara pembuatannya sabun adalah dengan mengaduk bahan-bahan yang diperlukan dalam panci stainless secara homogen. Kemudian dicetak (tuangkan dalam wadah plastik dan biarkan sampai membeku ( + 24 jam).

Selanjutnya rombongan diajak berkeliling Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat dan Griya Jamu yang dimiliki oleh Balittro. Kedua lokasi ini tersebut terletak di kawasan kampus penelitian Cimanggu, Bogor.

Di akhir kunjungan, dilakukan saling tukar cinderamata dan berfoto bersama.  (Naskah dan Foto : Efiana/Jaslit/Balittro

Foto (kiri) sambutan Ketua Rombongan Kementerian Luar Negeri, Bapak Artantyo. Foto (kanan) penjelasan Kepala Kebun Percobaan Cimanggu, Bapak Dadang Rukmana.

Foto : Rombongan Pra Purna Bakti Kementerian Luar Negeri mengikuti Diskusi Interaktif di Joglo Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat Balittro.

Foto : Rombongan Pra Purna Bakti Kementerian Luar Negeri mengikuti kegiatan demo pembuatan sabun herbal yang dipandu oleh Bapak Dadang Rukmana.

 

Foto : Rombongan Pra Purna Bakti Kementerian Luar Negeri melakukan kunjungan lapang ke KWI Tanaman Obat yang dipandu oleh Bapak Entep Rahmat.

 

Foto bersama Pra Purna bakti Kementerian Luar Negeri dan Pemandu Balittro di depan pintu gerbang Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat Balittro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *