“Ladies Program” Istri Walikota APEKSI Wilayah III ke TSTPN, Bogor

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

BOGOR, PERKEBUNAN – Dalam rangka “Ladies program” istri Walikota APEKSI wilayah III, istri Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto bersama para istri Walikota Wilayah III dan rombongan berkunjung ke Taman Sains dan Teknologi Pertanian Nasional (TSTPN) Cimanggu, Bogor (27/04/17).

Rombongan disambut oleh Kepala Pustaka Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc, yang mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian bersama Penjab TSTPN Ir. Achmad Djauhari, M.S. serta Tim Pengelola TSTPN di Agrosinema sekaligus mendampingin kunjungan ke beberapa obyek yang menjadi icon TSTPN Cimanggu diantaranya: Agrosinema, Gerai Inovasi Pascapanen, Tagrimart, Kawasan Wisata Ilmiah Tanaman Obat (KWITO), dan Griya Jamu & Spa..

Kepala Pustaka dalam sambutannya mengatakan bahwa TSTPN merupakan kawasan konservasi, edukasi, dan rekreasi di Kota Bogor yang telah disepakati dengan penandatanganan MoU antara Kepala Badan Litbang Pertanian dengan Walikota Bogor tanggal 25 Maret yang lalu. Balitbangtan dan Pemkot Bogor bersepakat untuk bersama-sama membangun kawasan TSTPN menjadi kawasan inovasi teknologi pertanian di kota Bogor.

Di Agrosinema, rombongan sudah dibuat kagum dan antusias setelah menyaksikan film pendek dengan tema “Pangan Sehat dari Pekarangan”, serta display produk aneka umbi (ubi jalar), sorgum dan hanjeli yang sangat beragam. Di samping itu juga ada diversifikasi panagan, kultur jaringan, prototype vaksin, dan perangkat uji tanah.

Selanjutnya rombongan sangat menikmatai peragaan aneka produk olahan, makanan ringan dan berbagai macam minuman sari buah di Gerai Inovasi Pascapanen.

Di titik kunjungan berikutnya, Tagrimart rombongan secara langsung melihat dan berdiskusi tentang hasil inovasi teknologi pertanian perkotaan seperti vertinaponik, wolkaponik, hidroponik, vetikultur, dan tabulampot. Selain itu juga ada benih dan bibit tanaman, mesin tetas ayam otomatik dan semi otomatik. Ada juga integrasi tanaman ternak, display teknologi irigasi fetigasi otomatis panel surya.

Tanaman dan buah “Bisbul” menjadi perhatian rombongan, karena belum pernah melihat sebelumnya. Bisbul merupakan salah satu tanaman langka yang menjadi “icon” daerah Cimanggu. Jika orang berkunjung ke Bogor dan disebut Cimanggu, maka dua kata yang selalu terungkap yaitu Bisbul dan Balittro .

Di Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat (KWITO) yang merupakan salah satu objek wisata Kota Bogor bersifat edukatif ini menyajikan wisata untuk pengunjung berupa kelompok tanaman yang mempunyai daya tarik spesifik dengan 600 jenis tanaman obat. Mulai dari cara budidaya, pengolahan sampai kepada khasiatnya.

KWITO ini merupakan wahana diseminasi hasil penelitian pertanian, media komunikasi institusi penelitian dengan masyarakat di sekelilingnya dan sebagai tempat wisata yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya tanaman obat.

Kunjungan berakhir di Griya Jamu & Spa yang menyaksikan aneka  hasil penelitian rempah dan obat Balitbangtan seperti berbagai jenis jamu godog, herbal dan instan. Di Griya Jamu ini juga menyediakan pelayanan perawatan tubuh spa aromatik bagi wanita seperti : body massage, lulur tradisional/body scrub, body mask, body steam aromatik, ratus romatik, dan pijat refleksi. Di sini para istri Walikota minum jamu yang telah disediakan dan produk-produk herbal seperti Androcap Sambiloto, Asiaticap Healtro, dsb.

Semoga dengan kunjungan ini dapat diikuti oleh masyarakat lain yang berkunjung ke Kota Bogor untuk berwisata edukasi ke TSTPN Cimanggu. Kami tunggu kedatangannya…

Foto: Kepala Pustaka Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc bersama Yane Ardian, istri Wali Kota Bogor serta rombongan para istri Walikota Wilayah III di Agrosinema (27/04/17).

Foto bersama Istri Wali Kota Bogor dan rombongan serta tim TSTPN di Taman Agroinovasi (27/04/17).

Foto: Istri Wali Kota Bogor serta rombongan di Taman Agroinovasi (27/04/17).

Foto: Istri Wali Kota Bogor serta rombongan didampingi Kasie Jasli Balittro Dra. Nur Maslahah, M.Si., di Taman Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat (KWITO) (27/04/17).

Foto: Istri Wali Kota Bogor serta rombongan didampingi Kasie Jasli Balittro Dra. Nur Maslahah, M.Si., minum jamu hasil olahan di Griya Jamu & Spa, Cimanggu, Bogor (27/04/17).

Foto: Istri Wali Kota Bogor menerima pohon “Bisbul” dari Ir. Tri Eko Wahyuno, pengelola TSTPN Cimanggu, Bogor (27/04/17).

Liputan: Bursatriannyo (Puslitbangbun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *