Kunjungan Pakar Mikrobiologi dan Bioteknologi dari University of Hamburg ke Puslitbangbun

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Prof.Dr. Bernard Bisping dari University of Hamburg, pakar mikrobiologi dan bioteknologi berkunjung ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) tanggal 10/9/2014. Kunjungan tersebut dalam rangka penjajagan kolaborasi penelitian khususnya tanaman kakao yang akan dilihat dari beberapa aspek penelitian. Mulai dari aspek morfologi, fisiologi, analisa kandungan sampai ke aspek molekuler. Kolaborasi melibatkan beberapa instansi terkait, khususnya antara Puslitbangbun, Badan Litbang Pertanian dan Universitas of Hamburg.

Kunjungan Prof. Ben diterima oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP), Ir. Syafaruddin, Ph.D., dan beberapa peneliti Puslitbangbun. Diawali dengan diskusi secara umum tentang peluang kerjasama ke depan. Dalam kesempatan tersebut Syafaruddin menerangkan visi dan misi serta tupoksi dari Balitbangtan, yang secara spesifik dari Puslitbangbun.

Acara diskusi dilanjutkan dengan presentasi dari Prof. Ben mengenai penelitian dia dan mahasiswa S3 Indonesia (LIPI) bimbingannya. Penelitian tentang fermentasi kakao dan aspek di dalamnya (pengamatan terhadap protein antifungi dalam ekstrak biji kakao). Presentasi dilaksanakan di ruang pertemuan laboratorium kultur jaringan Puslitbangbun yang dimoderatori oleh Prof.Dr. Bambang Prastowo.

Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan laboratorium kultur jaringan dan kegiatan penelitian yang sedang dilakukan di Puslitbangbun. Terakhir Prof. Ben diakhiri melakukan kunjungan lapang ke Kebun Percobaan (KP) Pakuwon, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Sukabumi. Disini dijelaskan juga tentang koleksi plasma nutfah yang dimiliki oleh Balittri diantaranya kopi dan kakao.

Prof. Ben sangat antusias setelah melihat pertanaman di lapangan dan tertarik untuk memulai rangkaian awal kerjasama penelitian di masa yang akan datang. Rencana kerjasama penelitian akan mulai diinisiasi tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *