Kunjungan Organisasi Kelompok Darma Wanita se Kota Bogor ke KWI dan Griya Jamu

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Bogor, 2 Desember 2015. Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman obat dan Griya Jamu mendapat kunjungan + 200 orang dari beberapa Organisasi Kelompok Darma Wanita se Kota Bogor. Kegiatan diisi dengan Demo Budidaya Tanaman Obat untuk Sehat dan Cantik yang dilanjutkan dengan kunjungan ke Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman obat dan Griya Jamu. Rombongan diterima oleh Kepala Pustaka Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc., yang didampingi oleh Ibu Ketua Dharma Wanita Badan Litbang Pertanian Ibu Muhammad Syakir di Aula Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Kampus Penelitian Cimanggu, Bogor. 

Kegiatan ini merupakan salah satu Rundown acara dari Taman Sains dan Teknologi Pertanian (TSTP) yang baru diluncurkan kemaren oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Dunia pertanian tidak akan maju tanpa ada campur tangan teknologi pertanian. Teknologi sangat membantu meningkatkan pertanian ditanah air,” kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam peluncuran TSTP Badan Litbang Pertanian, di Kampus Penelitian Cimanggu, Bogor.

Pemakaian tanaman obat dalam dekade terakhir ini cenderung meningkat sejalan dengan berkembangnya industri jamu atau obat tradisional yang merupakan warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan, dikembangkan, dan dimanfaatkan untuk kesehatan serta kesejahteraan rakyat serta duta kebanggaan bangsa. Dengan penanaman yang baik dan penerapan teknologi yang tepat obat tradisional bisa menjadi produk yang kompetitif baik dipasar domestik maupun ekspor, ujar Kapustaka dalam sambutannya.

Wisata Tanaman Jamu adalah obyek wisata pertanian yang menarik, unik dan mempunyai potensi untuk dikembangkan, masyarakat mulai lirik obat-obatan tradisional yang memang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan modern dan harganya jauh lebih murah seperti tanaman kunyit, kencur, dan lain-lain. Banyak masyarakat yang kembali sehat dengan obat-obatan tradisional sehingga membuat konsumen ingin mengetahui lebih banyak akan tanaman obat mulai dari bentuk fisik, cara budidaya, khasiatnya hingga penggunaan obat yang benar. Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat dan Griya Jamu menjadi alternative wisata bagi peminat tanaman obat. (Naskah/foto: Ffiana/Balittro).

Kunjungan Organisasi Dharma Wanita se Kota Bogor dan Demo Budidaya Tanaman Obat untuk Sehat dan Cantik diterima oleh Kepala Pustaka Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc., yang didampingi oleh Ibu Ketua Dharma Wanita Badan Litbang Pertanian Ibu Muhammad Syakir di Aula Balittro, Bogor.

Rombongan berkunjung ke kawasan Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat di Balittro, Bogor.

Rombongan berkunjung ke Griya Jamu dan Spa di Cimanggu, Bogor.

Info terkait : Soft Launching Taman Sains dan Teknologi Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *