Kunjungan Mahasiswa S1 dan Pascasarjana UNPAD ke Puslitbangbun

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Rabu, 5 November 2018 Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) menerima kunjungan dosen dan mahasiswa S1 semester 5 dan mahasiswa pascasarjana semester 2 Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Rombongan dipimpin oleh Ketua Prodi Dr. Evry Madarwati, dan didampingi oleh Dr Toto selaku Kepala dan pendiri Laboratoriun Fakultas Teknologi Industri Pertanian dan Dr. Desi. Sebanyak 22 orang mahasiswa dan sejumlah dosen diterima oleh Kepala Pusat Puslitbangbun yang diwakili oleh Kepala Bidang KSPHP Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc. Ph.D.

Dalam sambutannya Jelfina C. Alouw mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi kedatangan rombongan dari UNPAD Bandung dalam rangka mendapatkan informasi terkini hasil-hasil penelitian dan pengembangan perkebunan dari Puslitbangbun dan empat UPT nya (Balittro, Balit Palma, Balittas, Balittri). Informasi umum tentang Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementan dan Profil Puslitbangbun dipaparkan untuk memberikan gambaran teknologi inovasi yang telah dihasilkan serta peluang-peluang penelitian yang bisa dikerjasamakan antara mahasiswa dan dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian dengan peneliti UK/UPT Puslitbangbun serta BB Pasca Panen.

Kepala Prodi Fakultas Teknologi Industri Pertanian Dr. Efri Mardawati, STP, M.T menyampaikan terima kasih atas dukungan dan sambutan yang diberikan oleh Puslitbangbun. Dalam sambutannya, Efri menjelaskan bahwa rombongan mahasiswa yang datang ini sementara mengambil mata kuliah Teknologi Oleokimia dan Teknologi Hasil Perkebunan. Melalui kunjungan ini diharapkan akan ada kerjasama penelitian, dan diseminasi hasil-hasil penelitian di jurnal yang dikelola baik oleh Puslitbangbun maupun UNPAD Bandung. Efri manambahkan bahwa karena ada kesamaan bidang penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Industri Pertanian dan Puslitbangbun sehingga diharapkan peneliti dari Puslitbangbun bisa berkontribusi sebagai dosen di Prodi yang dipimpinnya.

Dalam diskusi, Dr. Suci Wulandari dari Puslitbangbun dan Dr. Sukamto, peneliti dari Balittro, serta Dr. Saefudin selaku Kasubbid Kerjasama memberikan informasi tambahan mengenai bioindustri komoditas perkebunan, capaian, tantangan dan peluang kedepan. Setelah sesi diskusi dilanjutkan dengan kunjungan ke Unit Pengelola Benih Unggul Pertanian (UPBUP), Balitbangtan. (Erriani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *