Kunjungan Koperasi Indonesia Mawar Melati Ke KWI Tanaman Obat Bogor

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Sebanyak 20 anggota Koperasi Indonesia Mawar Melati melakukan kunjungan lapang ke Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat (KWITO) Cimanggu, Bogor (03/04/ 2017). Rombongan dipimpin oleh Ketua Koperasi Indonesia Mawar Melati Dr. Ir. Endang S. Tohari, MSc., dan diterima langsung oleh pemandu lapang Dedi Rosadi, staf Jasa Penelitian Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro).

Di awal kunjungan lapang Endang S. Tohari menyampaikan bahwa rombongan kunjungan lapang ini adalah para pengurus dan anggota Koperasi Indonesia Mawar yang terdiri dari para pakar, tenaga ahli di MPR dan DPR serta pelaksana UMKM. Tujuan kunjungan lapang ini untuk lebih mengetahui tentang hasil-hasil penelitian yang dapat diaplikasikan di masyarakat khususnya tanaman rempah dan obat yang berkhasiat. Selanjutnya Anggota Koperasi Indonesia Mawar Melati bersedia sebagai mediator untuk menjelaskan kepada masyarakat yang memerlukan hasil-hasil penelitian agar diaplikasikan sebagai usaha yang dapat memberi peluang pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan.

Setelah mendapatkan penjelasan dari pemandu tentang bermacam-macam tanaman obat dan khasiatnya yang ada di KWITO, pengunjung tertarik dengan tanaman Bidani dan Tapak Dara.

Sebagaimana diketahui tanaman Bidani berkhasiat untuk meluruh/mengeluarkan caing, kolesterol. Bagian yang digunakan adalah daun dan bijinya. Kalau daun bisa dilalap saja, kalau bijinya dijemur, kemudian disangrai, selanjutnya diseduh seperti minum teh/kopi.

Sedangkan tanaman Tapak Dara berkhasiat untuk peluruh air kencing, obat batu ginjal. Bagian yang digunakan yaitu daun, bunga, dan akar. Cara penggunaannya berupa Simplisia. Karena penggunaan/konsumsi dengan cara simplisia adalah yang aman untuk semua jenis tanaman obat.

Kawasan Wisata Ilmiah (KWI) Tanaman Obat yang terletak di Jalan Tentara Pelajar No. 3, Cimanggu, Bogor ini merupakan salah satu kawasan agroinovasi pusat inovasi Badan Litbang Pertanian. Ada 400 jenis tanaman rempah, obat dan atsiri di KWITO ini seperti: serai wangi, akar wangi, brotowali, dan lain-lain.

KWI Tanaman Obat kini sudah menjadi salah satu objek wisata di Kota Bogor yang bersifat edukatif. Kawasan ini menyajikan wisata untuk para pengunjung berupa kelompok tanaman yang mempunyai daya tarik spesifik mulai dari cara budidaya, pengolahan sampai kepada khasiatnya. (Efiana/Balittro)

Foto. Kunjungan anggota Koperasi Indonesia Mawar Melati ke Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat (KWITO) Cimanggu, Bogor yang dipandu oleh Dedi Rosadi, staf Jasa Penelitian Balittro (03/04/ 2017).

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *