Kunjungan Kerja Dishutbun Kab. Pati ke Puslitbangbun

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Pati melakukan kunjungan kerja ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Bogor (Selasa, 23/9/2014). Rombongan dipimpin oleh Kepala Dishutbun Kab. Pati, Ir. Mochtar Efendi, MM. Rombongan diterima oleh Kepala Puslitbangbun, Dr. M. Syakir, MS., sekaligus mengucapkan selamat datang di Puslitbangbun. Mudah-mudahan dengan kunjungan ini rombongan mendapatkan banyak hal untuk bekal kedepan nantinya, ujar Kapus.

Kepala Dishutbun Pati, dalam sambutannya, menyatakan maksud dan tujuannya berkunjung ke Puslitbangbun beserta rombongan adalah ingin menimba ilmu dari dekat. Ada 3 agenda utama dalam kunjungan ini, yaitu : (1) budidaya kelapa kopyor baik secara kultur jaringan, embrio, dsb, (2) budidaya pasca penanaman, dan (3) penanggulangan hama dan penyakit kelapa.

Diharapkan ada tindak lanjut, karena kelapa kopyor sebagai komoditas unggulan Kabupaten Pati. Komoditas tersebut tersebut dapat mensejahterakan masyarakat dan mendukung visi dan misi dari Bupati Pati. Untuk itu perlu kerjasama, dukungan dan bimbingan lebih lanjut dari lembaga penelitian seperti Puslitbangbun, ujar Kadis.

Acara kunjungan diisi dengan penyampaian presentasi tentang “Pemanfaatan Teknologi Kultur Jaringan dalam Penyediaan Bahan Tanaman Komoditas Perkebunan” yang ada di Laboratorium Somatic Embriogenesis (SE) Puslitbangbun. Makalah disampaikan oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D., Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP). Dalam presentasi tersebut dijelaskan bahwa teknologi kultur jaringan tanaman perkebunan, diantaranya: tebu, kopi, kakao, jambu mente, kemiri sunan, dan kelapa sudah berhasil dikembangkan.

Khusus kelapa kopyor dipaparkan secara rinci oleh Ir. Ismail Maskromo, M.SI., peneliti kelapa dari Balai Penelitian Tanaman Palma, Manado, yang saat ini sedang melaksanakan tugas belajar pada program pasca sarjana (S3) di Institut Pertanian Bogor.

Antusias peserta terlihat pada saat sesion tanya jawab, diskusi berkembang sampai ke wacana terbangunnya laboratorium kultur jaringan mini (sederhana) di Kabupaten Pati. Ekspektasi ini kemudian akan ditindaklanjuti oleh Bapak Kepala Dishutbun, sehingga keinginan sebagian besar masyarakat Kabupaten Pati dapat terwujud, yaitu untuk mendapatkan benih kelapa kopyor dan tanaman perkebunan lainnya sesuai dengan harapan.

Rombongan yang berjumlah lebih kurang 30 orang ini terdiri dari para Kepala Bidang dan staf Dishutbun, Ketua Asosiasi Kelapa, para petani dari 3 Kecamatan di Kab. Pati. Selanjutnya rombongan diajak mengunjungi Lab. SE Puslitbangbun.

Kepala Puslitbangbun memberikan sambutan selamat datang (foto kiri), dan menyerahkan cenderamata kepada Kepala Dinas Hutbun Kab. Pati (foto kanan).

Suasana diskusi tentang kelapa kopyor bersama rombongan Dishutbun Pati.

Kabid KSPHP Puslitbangbun, dan Kadis Hutbun Kab. Pati beserta rombongan, berfoto bersama di depan kantor Puslitbangbun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *