Kunjungan Kepala Badan Litbang Pertanian Ke PG. Bunga Mayang

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Rapat Kerja Puslitbang Perkebunan, pada tanggal 8 Februari 2014 Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono beserta beberapa pejabat Eselon 2 lingkup Badan Litbang Pertanian melakukan kunjungan ke PG. Bunga Mayang yang merupakan salah satu PG di bawah pengelolaan PTPN 7.  Kepala Badan Litbang Pertanian, yang saat ini juga merangkap sebagai Komisaris PTPN 7, berkesempatan melihat beberapa sarana PG Bunga Mayang, antara lain laboratorium kultur jaringan dan peralatan tebang tebu.

Kunjungan ini dirasa sangat bermanfaat sebagai awal kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dengan PTPN 7.  Sebagai lembaga penelitian, Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi, khususnya mendukung pengembangan tebu.  Di sisi lain, PTPN 7 sangat membutuhkan dukungan teknologi untuk meningkatkan produktivitas tebu dan rendemen gula.  Pada kesempatan tersebut, Badan Litbang Pertanian dan PG Bunga Mayang sepakat untuk melakukan kerjasama penelitian dan pengembangan, diantaranya uji multi lokasi untuk menghasilkan varietas unggul tebu, teknologi biokontrol, dan mekanisasi mendukung kegiatan tebang panen tebu.

Pada kesempatan tersebut, General Manajer PG Bunga Mayang sangat mengharapkan agar Badan Litbang Pertanian dapat membantu meningkatkan kinerja PG, yakni meningkatkan produktivitas tebu menjadi 10 ton hablur/ha.   Kepala Badan Litbang Pertanian menambahkan bahwa kinerja PTPN 7 dapat ditingkatkan salah satunya dengan menerapkan konsep pertanian bioindustri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *