Kunjungan Ka Badan Litbang Pertanian ke KP. Sumberrejo

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Haryono, M.Sc., mengunjungi KP Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. Ka Badan didampingi Ka Balittas dan staf, Ka BPTP Jatim, dan Plh Ka Balitkabi.  Rombongan sampai di KP Sumberejo disambut oleh Kepala KP Sumberejo Sabta Yoga beserta staf. KP Sumberejo terletak di Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro dengan luas sekitar 25 ha.

Kunjungan ini sangat dinanti-nantikan oleh seluruh staf dan menjadi penambah semangat untuk bekerja lebih keras dan terus meningkatkan kinerja agar dapat mendukung visi Badan Litbang Pertanian menjadi lembaga penelitian berkelas dunia.  Para staf sangat antusias dan mendapat kehormatan kunjungan dan perhatian dari pucuk pimpinan tertinggi Badan Litbang Pertanian.

Dalam dialognya dengan Kepala Badan, Kepala KP menyampaikan masalah di KP terutama disebabkan oleh kondisi SDM terbatas dan kondisi lahan.  KP Sumberejo memiliki beberapa kebun yaitu kebun Talun timur (tempat kantor), Talun barat, Pekuwon, Ngampal dan Sumur Agung.  Dari kebun tersebut, yang dapat dimanfaatkan untuk penelitian dengan baik hanya Talun timur dan Pekuwon.  Kebun lainnya menghadapi masalah terutama terkait kesulitan aksesibilitas.

Kondisi iklim kemarau yang relatif panjang, tanah ekstrim liat berat (Vertisol) dan terbatasnya sumber air permukaan dan bawah tanah merupakan masalah yang juga perlu mendapatkan penanganan agar pemanfaatan untuk penelitian, koleksi plasma nutfah, visitor plot dan fungsi-fungsi lain lebih optimal.  Kepala Balittas diharapkan dapat segera berkoordinasi dengan Balitklimat untuk meminta dukungan tenaga hidrologi untuk membantu perencanaan pengairan di kebun.

Kepala Badan memahami kondisi tersebut, dan memberi dukungan anggaran tambahan APBN tahun 2014 untuk pengadaan traktor besar 110 hp, serta pembangunan embung, renovasi kantor dan jaringan pengairan  melalui SMARTD. Mekanisasi diperlukan untuk menghadapi kelangkaan tenaga kerja.

KP Sumberejo diharapkan dapat meningkatkan kinerja terutama mendukung produksi benih sumber melalui UPBS baik yang menjadi mandat Balittas, maupun komoditas pertanian lain seperti padi, yang sangat dibutuhkan petani sekitar.  Bersama-sama dengan KP lain di kawasan Pegunungan Kendeng dan sekitarnya seperti KP Ngale dan KP Jakenan perlu dilakukan kerjasama untuk memberi dukungan pada pembangunan kawasan ini.  Lokakarya pembangunan pertanian melibatkan berbagai lembaga nasional dan daerah Jateng dan Jatim perlu dilakukan tahun 2014.

Ka Badan Dr. Ir. Haryono, M.Sc. berdialog dengan kepala Balittas Malang Ir. Mastur, PhD., dan Kepala KP. Sumberrejo Sabta Yoga (kiri), dan Ka. Badan memberi pengarahan di lapangan (kanan).

Ka Badan berkenan berfoto bersama pegawai KP. Sumberrejo didampingi Ka Balittas, Ka BPTP Jatim, dan Plh Ka Balitkabi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *