KP. Manoko Lokasi Kunjungan Lapang Kegiatan Bulan Bakti Agroinovasi

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kebun Percobaan Manoko, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) menjadi tempat lokasi pelaksanaan kunjungan lapang kegiatan Bulan Bakti Agroinovasi. Kunjungan lapang melihat bioindustri berkelanjutan ke KP. Manoko, antara lain pengadaan pakan ternak sapi perah dengan pembuatan silase dari tanaman seraiwangi dan penyulingan minyak seraiwangi.

Sebagai informasi bahwa tanaman seraiwangi bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak sapi perah dengan cara pembuatan HAI atau silase dan bisa juga langsung diberikan kepada ternak setelah penurunan limbah dari ketel. Dalam hal penyediaan pakan ternak khususnya pada sapi perah, ketersediaan pakan yang cukup memadai sangat diperlukan yaitu dengan pembuatan silase.

Ternak sapi hanya mau secara langsung memakan limbah yang baru keluar/turun dari ketel penyulingan, karena bila sudah mengering sapi kurang suka, sehingga limbah tersebut banyak tersisa/terbuang tidak dimakan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dibuatkan HAI atau silase dengan bahan baku limbah penyulingan daun seraiwangi.

Kegiatan bulan bakti agroinovasi dengan tema “Agroinovasi Kreativitas Tiada Henti Untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Petani” merupakan bagian dari kegiatan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat tanggal 11-17 Agustus 2014 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bandung Barat, H. Abu Bakar. (/Naskah dan Foto: Efiana- Staf Jasa Penelitian-Balittro)

 

Bioindustri berkelanjutan di Kebun Percobaan Manoko, Lembang, Jawa Barat.

Kegiatan pameran tanaman obat dan tanaman hias pada acara bulan bakti agroinovasi Balitbangtan di halaman kantor BPTP Jawa Barat.

Berita terkait :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *