Kopi Luwak, Warisan Termahal di Dunia

Artikel Kopi Inovasi Teknologi Produk Inovasi Terpopuler

INOVASI PERKEBUNAN – Seorang pengemudi truk minum kopi untuk mengusir rasa kantuk pada saat mengejar waktu untuk sampai tujuan, demikian juga seorang operator komputer yang berpacu dengan waktu harus memasukkan data yang masih berjibun.

Beberapa petinggi perusahaan yang ingin berdiskusi strategi pengembangan membuat janji bertemu di sebuah kafe sambil menikmati kopi hangat. Untuk melawan udara dingin di pagi hari beberapa kelompok pedagang sayur ‘bersantap’ kopi untuk menyegarkan badan yang bekerja sejak dini hari. Singkat cerita kopi merupakan minuman yang dinikmati banyak kalangan, dengan berbagai maksud.Masyarakat di seluruh dunia hampir dapat dipastikan telah mengenal dan bahkan merasakan nikmatnya cita rasa kopi, walaupun demikian kebanyakan kurang mengenal secara rinci apa itu kopi, baik jenis, sifat dan kekhasan. Kopi yang dikenal sekarang paling tidak ada tiga jenis yaitu kopi liberika, arabika, dan robusta. Kopi liberika pada awalnya banyak ditanam di Indonesia, tetapi karena produktivitasnya rendah, petani banyak beralih ke kopi robusta untuk dataran rendah sampai menengah dan kopi arabika untuk dataran menengah hingga tinggi.

Kopi robusta memiliki aroma kopi yang menonjol tetapi cita rasanya kurang kuat, sedangkan kopi arabika memiliki cita rasa kopi yang lebih kuat dan lebih masam. Para penikmat kopi seringkali mencampur untuk memperoleh aroma kopi sekaligus cita rasa kopi yang menonjol. Karena menyangkut cita rasa sulit untuk didiskusikan, sangat bersifat individual, yang jelas budaya lokal juga berpengaruh terhadap cita rasa.

Selain itu cita rasa kopi juga dipengaruhi asal muasal kopi, baik asal dari mana kopi ditanam juga bagaimana proses terjadinya kopi tersebut hingga siap hidang. Kopi demikian disebut sebagai kopi spesial, karena asal muasal tersebut membawa ciri khas dalam cita rasa, yang tidak dimiliki kopi lainnya. Kopi spesial karena asal muasal daerah penanamannya misalkan kopi Toraja (Tanah Toraja), kopi Kintamani (Bali), kopi Gayo (Aceh), kopi Sidikalang (Sumut) dan lain-lain.

Kopi luwak merupakan kopi yang bijinya berasal dari biji kopi yang dimakan luwak (Paradoxurus hermaphroditus) dan diambil dari dalam kotorannya yang kemudian diproses menjadi kopi bubuk siap seduh. Kopi luwak memiliki cita rasa dan aroma yang khas, sehingga merupakan kopi spesial dengan harga paling maha di dunia.

Agus Wahyudi/Peneliti BALITTRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *