Koordinasi Pengembangan Database Komoditas Perkebunan dan Analisis Risiko, di Balittas Malang

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Selasa, 2 April 2019, di sela-sela persiapan Rakor terpadu empat Puslit Lingkup Balitbangtan di Malang, Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun Ir. Jelfina C. Alouw, MSc., Ph.D., bersama Kasubbid Kerjasama Dr. Saefudin, Kasubbid PDHP Sudarsono, SE., dan Kasubbid Evaluasi Jumari, SIP., beserta staf melakukan kunjungan kerja ke Balittas Malang. Kunjungan kerja ini dalam rangka koordinasi pengembangan database perkebunan dan persiapan workshop KTI dan pengelolaan jurnal internasional terindeks pada lembaga pengindeks bereputasi baik. Disamping itu, dilakukan juga koordinasi kerjasama, pendataan dan pendokumentasian data kerjasama dan lisensi periode 2014-2018. Pertemuan dengan pejabat struktural dan peneliti Balittas ini dilaksanakan di Aula Jatropa Balittas yang dipimpin oleh Kepala Balittas Dr. Muhammad Cholid.

Dalam sambutannya, Kepala Balittas menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja dari tim Puslitbangbun. Kabalittas mengatakan bahwa saat ini Balittas juga sedang mengembangkan basisdata komoditas yang menjadi mandat Balittas, yang berisikan deskripsi varietas unggul, teknologi budidaya dan ketersediaan benihnya. Semoga basisdata yang sudah kami kembangkan ini dapat menjadi sumber database dan di-link-kan dengan database yang dikembangkan oleh Puslitbangbun nantinya, imbuh Kabalittas.

Kabid KSPHP Puslitbangbun dalam paparannya menyampaikan tujuan membangun database perkebunan yakni: 1) menyiapkan informasi teknologi yang akurat, lengkap dan mudah diakses oleh berbagai pengguna, 2) sebagai dasar penysusunan program Litbang, 3) memberikan kemudahan updating data dan menghindari redundancy data, 4) sebagai dasar bagi para pengambil kebijakan. Tahapan pengembangan database meliputi pengumpulan data dari sumber yang terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan, inputing data, verifikasi dan validasi data, launching, updating secara berkelanjutan dan redisgn tampilan jika diperlukan. Diharapkan dukungan dari Kepala Balittas dan penelitinya dalam kegiatan verifikasi ini agar data yang disampaikan kepada masyarakat bersifat valid.

Kabid KSPHP juga menyampaikan bahwa pada akhir bulan April nanti Puslitbangbun akan melaksanakan workshop penulisan KTI untuk jurnal Nasional dan Internasional. Diharapkan peneliti Balittas dapat berpartisipasi dalam workshop tersebut.

Pendampingan penyusunan analisis risiko yang disampaikan oleh Kasubbid Evaluasi diharapkan dapat dilanjutkan mengingat format baru yang diperkenalkan memerlukan pemahaman lebih baik lagi.
Kunjungan Puslitbangbun ke Balittas diharapkan oleh peneliti dapat dilakukan dengan lebih optimal demi kelancaran pelaksanaan tusi Balittas. (Bur & JCA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *